get app
inews
Aa Read Next : Lebih Dari Enam Dekade Berkiprah, CIMB Niaga Rayakan HUT ke-68

Terungkap! Indonesia Kutuk Langkah Rusia Caplok Wilayah Ukraina

Kamis, 13 Oktober 2022 | 10:11 WIB
header img
Indonesia dukung resolusi PBB tolak pencaplokan wilayah Ukraina oleh Rusia. Foto/PBB

NEW YORK, iNewsManado.comIndonesia ternyata mengambil tindakan tegas dengan mengutuk pencaplokan wilayah Ukraina oleh Rusia

Hal itu terlihat dari hasil majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa menggelar pemungutan suara untuk memutuskan resolusi yang mengutuk pencaplokan empat wilayah Ukraina oleh Rusia, Rabu (12/10/2022). Hasilnya, resolusi itu didukung oleh 143 negara, termasuk Indonesia.

Meski sebelumnya, Presiden Jokowi menemui Presiden Vladimir Putin, namun sikap tegas Indonesia tetap searah dengan resolusi PBB

Sementara itu, 35 negara termasuk China dan India memutuskan abstain. Ada lima negara yang menolak resolusi tersebut, yakni Rusia sendiri, Belarusia, Korea Utara, Suriah, dan Nikaragua.

Meskipun resolusi tersebut hanya bersifat simbolis, itu adalah jumlah suara tertinggi untuk melawan Rusia di Majelis Umum PBB, sejak agresi militer Moskow di Ukraina.

Pekan lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin menandatangani dokumen untuk yang mengesahkan bergabungnya empat wilayah Ukraina Timur ke dalam Federasi Rusia. Keempat wilayah itu adalah Provinsi Luhansk, Donetsk, Zaporizhzhia, dan Kherson—yang luas keseluruhannya setara dengan Portugal atau 18 persen dari Ukraina.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut