get app
inews
Aa Read Next : PTUN Manado Putuskan Rektor Universitas Sam Ratulangi Melanggar Statuta

Mahaguru dr. Oei Yang Hae, 91 Tahun : Sepanjang Jalan Mencerahkan

Jum'at, 20 September 2024 | 15:12 WIB
header img
dr. Dolly RD Kaunang, Sp.JP, Sp.KP. (Foto: Istimewa)

“Sebenarnya merepotkan bila mengulang ujian sebab berarti balik lagi ke saya, celoteh dr.Oei Yang Hae yang masa itu amat supersibuk,” katanya

MEMUPUK PERSAHABATAN

Etape perjalanan selanjutnya sarat dengan pesan kebajikan. Tekad dan dedikasi menolong orang sakit dan mendidik seseorang menjadi dokter yang baik terpartri kuat di lubuk hati.  Prinsip dasar yang memandu perilaku dan memberikan dasar kuat atas keputusan yang diambil, dijalani terus dengan konsisten dan persisten. 

Pertumbuhan karakter dan mental tangguh, tanggon, trengginas  disemai pada masa studi.  Masa mahasiswa masih penuh kegoncangan mencari identitas. Masih bertransformasi menuju dewasa psikologis dan sosial. 

Masa mulai bersemainya kepedulian. Kepedulian terhadap sahabat dapat diasah dengan cara memberi perhatian kepada mereka yang dekat di mata namun jauh jarak komunikasi. 

Interaksi sosial berperan penting agar sesama sahabat bisa mengembangkan empati dan kualitas kepedulian.  Bersahabat dan tenggang rasa turut mewarnai keteguhan hati meraih impian. 

Menghadapi hambatan, gangguan, tantangan dan ancaman sekalipun, persahabatan menjadi prakondisi batin menemukan solusi. Seberapa lama pun tak bertemu, teman adalah teman. Suasana batin sederhana ini bisa menyelesaikan yang rumit-rumit.

Seperti pohon yang lama berbuah, pertemuan Batusaiki menjadi momen memupuk persahabatan dan meneruskan nilai strong determination para senior. Determinasi, disiplin, keinginan yang kuat dan kontrol diri melestarikan dedikasi mahaguru dr.Oei Yang Hae yang sarat persahabatan.

“Masa depan milik mereka yang menyiapkan hari ini. Marilah kita mengejar apa yang berguna untuk saling membangun.” Demikian ungkap-harap dr.Stephanie Lahunduitan, sang penggagas mengakhiri introduksi temu-kangen.

Oleh : dr. Dolly RD Kaunang, Sp.JP, Sp.KP.

Editor : Subhan Sabu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut