get app
inews
Aa Read Next : Pelajar SMK N 1 Tomohon Mendapatkan Edukasi Keselamatan Berkendara dari PT Daya Adicipta Wisesa

Tips Cek Kampas Rem Tromol dan Cakram Pada Motor Honda Anda

Rabu, 11 September 2024 | 11:57 WIB
header img
Tips cek kampas rem motor (Foto: Istimewa)

MANADO, iNewsManado.id -  Sistem pengereman pada sepeda motor sangat erat kaitannya dengan keamanan dan keselamatan berkendara. Salah satu komponen penting pada sistem pengereman yang harus mendapat perhatian adalah kampas rem. 

Kampas rem motor menjadi salah satu bagian pada rem motor yang perlu dilakukan pengecekan secara teratur. Terlepas apakah motor tersebut menggunakan rem tipe tromol atau cakram, bagian kampas harus selalu dicek ketebalannya.

Saking pentingnya, produsen sepeda motor Honda memberi petunjuk kondisi kampas rem agar fungsi dan kinerja rem bisa tetap otimal. Dengan petunjuk tersebut, pengguna sepeda motor bisa mengetahui kondisi kampas rem tanpa harus membongkarnya.
 
Secara umum, sistem pengereman di sepeda motor Honda ada dua jenis, yaitu rem tromol dan rem cakram. Setiap jenis sistem rem ini memiliki cara pengecekan yang berbeda. 

Berikut cara melakukan pengecekan kondisi kampas rem yang bisa Anda lakukan sendiri yang dilansir dari laman astra-honda.com : 

1Cek Kampas Rem Tromol

Rem tromol biasanya diaplikasikan di roda belakang sepeda motor bermesin kecil atau di bawah 150cc. Pengguna sepeda motor Honda bisa melakukan pengecekan kondisi kampas rem dengan melihat petunjuk pada panel rem. 

Ketika rem belakang digunakan secara penuh, penanda pada lengan rem akan bergerak menuju tanda pada panel rem. Jika penanda di lengan rem telah bertepatan pada penunjuk, maka hal tersebut mengindikasikan bahwa kampas rem sudah habis dan harus segera diganti.   

Editor : Subhan Sabu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut