get app
inews
Aa Read Next : Ini Tanaman Tradisional yang Berkhasiat Redakan Asam Lambung

Tsunami Politik Pilgub Sulut, Demokrat dan Golkar Segera Deklarasi Elly Lasut-MEP

Rabu, 10 Juli 2024 | 12:48 WIB
header img
Elly Lasut dan MEP serta Ketum Golkar Airlangga Hartarto dan Sekjen Demokrat Teuku Rifky Harsya serta Ketua DPD Golkar Sulut Christiany Paruntu. Foto/Istimewa

MANADO, iNewsManado.com –  Di luar prediksi banyak pihak, Sulawesi Utara diguncang oleh "tsunami politik" dengan terbentuknya koalisi antara dua partai besar, Demokrat dan Golkar, dalam Pilgub Sulut 2024.

Koalisi ini mengusung pasangan calon Elly Engelbert Lasut (E2L) dan Michaela Elsiana Paruntu (MEP), yang telah mendapat restu dari Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartanto.

Restu ini ditandai dengan kehadiran Sekjen Demokrat Teuku Rifky Harsya (TRH) di kediaman Ketua Umum Golkar Airlangga Hartanto pada hari Selasa (09/07/2024).

Dengan kekuatan gabungan Demokrat dan Golkar yang merupakan pemenang Pileg nomor dua dan tiga, koalisi ini diperkirakan akan menjadi kekuatan dominan dalam Pilgub Sulut.

Pasangan Elly Lasut-MEP diharapkan dapat melaju mulus dalam pemilihan kali ini berkat dukungan dari dua partai besar ini.

“Koalisi ini 99 persen sudah final dan akan segera dideklarasikan,” ujar Brillian Charles dari Demokrat dan Apler Bentian dari Golkar.

Dukungan dari dua partai besar ini memberikan pasangan Elly Lasut-MEP keunggulan signifikan, mengingat Demokrat dan Golkar memiliki total 12 kursi di DPRD Sulut, melebihi syarat minimum 9 kursi untuk mencalonkan pasangan gubernur.

Elektabilitas Elly Lasut yang mencapai lebih dari 60 persen dalam berbagai survei, ditambah dengan dukungan MEP yang merupakan Ketua Komisi Remaja Sinode GMIM dan tokoh Golkar, semakin mengukuhkan posisi mereka sebagai kandidat terkuat.

Menurut Stendy S. Rondonuwu, Ketua Demokrat Minut, koalisi ini adalah "gempa politik" yang mengubah peta persaingan Pilgub Sulut.

“Dengan bergabungnya dua poros kuat ini, pilgub kali ini hampir pasti tuntas,” kata sejumlah pengamat. Koalisi ini diharapkan tidak hanya memenangkan Pilgub Sulut, tetapi juga Pilkada di kabupaten/kota se-Sulut.

Pengamat politik menilai bahwa persatuan Demokrat dan Golkar ini akan menyudutkan kandidat lain, mengingat kedua partai ini memiliki basis massa yang solid dan strategi kampanye yang terkoordinasi dengan baik.

Dengan semua persiapan yang sudah matang dan restu dari pimpinan pusat kedua partai, perahu Elly Lasut-MEP hampir pasti berlayar menuju kemenangan dalam Pilgub Sulut 2024.

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut