get app
inews
Aa Read Next : Hadirkan Layanan Terbaik, DAW Gelar Kontes Layanan Honda Sales Force Championship 2024

Simak Tips Perawatan Sepeda Motor saat Mudik Lebaran Agar Terhindar Dari Kerusakan

Selasa, 09 April 2024 | 16:59 WIB
header img
Tips Perawatan Sepeda Motor saat Mudik Lebaran Agar Terhindar Dari Kerusakan (Foto: Istimewa)

Sistem Penerangan

Periksa semua kondisi lampu, baik lampu depan, lampu belakang, lampu rem dan juga lampu sein. Pastikan lampu dan saklarnya berfungsi dan dalam kondisi baik.

Rantai / CVT

Jika motor tipe bebek atau sport, maka periksa kondisi rantai dan girnya, apakah ada tanda keausan seperti rantai tidak kencang, tak bergerak dengan lancar atau link - link rantai sudah banyak yang longgar serta mata gir terlihat mulai meruncing.

Jika tanda tersebut terlihat, maka gantilah gir dan rantai dengan yang baru agar performa motor lebih baik dan sepeda motor siap diajak melakukan perjalanan jauh. Sedangkan untuk motor skutik, maka lakukan pemeriksaan kondisi CVTnya. Seperti komponen pulley, roller serta drive beltnya.

Suspensi

Lakukan pemeriksaan suspensi dari kebocoran agar suspensi dalam kondisi normal dan berfungsi dengan baik.

Ban

Pastikan ban depan dan belakang masih dalam kondisi baik. Periksa dan pastikan kembangan ban masih tebal dan tidak ditemukan retakan pada dinding ban serta pastikan tekanan angin sudah sesuai anjuran. Pemeriksaan Roda terhadap kelancaran berputar, keolengan untuk memastikan bearing roda aman

Sistem Injeksi

Untuk mengetahui kondisi sistem injeksi bekerja dengan baik, bisa dilihat dari lampu Malfunction Indicator Lamp (MIL) di bagian panel meter. Jika indicator MIL menyala atau berkedip, segera bawa sepeda motor ke bengkel AHASS terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan dan perbaikan.

Editor : Subhan Sabu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut