get app
inews
Aa Read Next : Selain Kopi, Ini 4 Minuman Penyebab Asam Urat

Terungkap! Ini Penyebab Utama Asam Urat yang Jarang Diketahui

Kamis, 28 Maret 2024 | 08:24 WIB
header img
Penyebab asam urat. Ilustrasi/Unsplash/Istimewa

MANADO, iNewsManado.com – Asam Urat merupakan penyakit yang diakibatkan penumpukan Kristal pada persendian hingga menyebabkan nyeri dan pembengkakan.

Sejumlah orang mengklaim asam urat dipicu oleh makanan seperti, emping, jeroan, seafood, sayuran. Namun, fakta baru didapati, ternyata penyebab asam urat adalah munculnya permasalah pada ginjal! Kok bisa? Menurut dr R Cahyono, dokter spesialis penyakit dalam, asam urat disebabkan ginjal.

“Penyebab asam urat paling utama adalah terganggunya fungsi ginjal sebagai filter darah. Darah perlu difilter karena merupakan tempatnya racun dan sisa metabolisme. Jika ginjal tidak berfungsi dengan baik, maka asam urat akan menumpuk di dalam darah dan menyebabkan gejala asam urat,” ujar dr R Cahyono dikutip berbagi sumber pada Kamis (28/3/2024).

Dia menjelaskan bahwa makanan yang mengandung purin memang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah, tetapi tidak secara langsung menyebabkan asam urat. Purin adalah senyawa alami yang terdapat dalam makanan dan minuman yang nantinya diurai oleh asam urat dalam tubuh.

“Jadi, makanan yang tinggi purin, seperti emping, jeroan, atau seafood, hanya memperparah kondisi asam urat, bukan penyebabnya. Makanan tersebut sebenarnya tidak masalah jika dikonsumsi dalam jumlah sedang dan dibarengi dengan minum air putih yang cukup,” tutur dr R Cahyono.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut