get app
inews
Aa Read Next : Cara Redakan Gejala Flu dengan Cepat, Konsumsi Sayuran Super Ini!

Selain Makanan, Salah Pilih Sepatu Bisa Jadi Salah Satu Penyebab Asam Urat Tinggi

Jum'at, 26 November 2021 | 07:00 WIB
header img
Selain makanan, penyebab asam urat tinggi bisa dipicu oleh obesitas, kurang olahraga hingga salah pilih sepatu. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Asam urat adalah penyakit sendi yang muncul akibat kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah. Mengonsumsi makanan yang mengandung kadar purin tinggi seperti jeroan, hidangan laut, dan daging merah bisa memicu munculnya asam urat. 

Selain makanan, penyebab asam urat tinggi bisa dipicu oleh obesitas, kurang olahraga hingga salah pilih sepatu yang mungkin tidak diketahui banyak orang. 

Pada kondisi normal, asam urat dapat larut dalam darah dan dibuang melalui urine. Namun, kadar asam urat yang terlalu tinggi bisa menyebabkan gangguan pada sistem pembuangan sehingga menumpuk di dalam tubuh. 

Selain sering konsumsi makanan dengan kandungan kadar purin tinggi, masih ada beberapa faktor lain yang bisa jadi penyebab asam urat tinggi. Berikut ulasannya. 

1. Obesitas

Obesitas merupakan salah satu faktor penyebab asam urat tinggi yang jarang disadari. Penumpukan lemak dalam tubuh dapat mengakibatkan turunnya kinerja hormon insulin atau resistensi insulin. 

Editor : Norman Octavianus

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut