get app
inews
Aa Read Next : Yuk Buruan, Ada Program Spesial Untuk Pembelian Motor Honda PCX160 di Area SulutGoMalut

Cara Menikung yang Tepat saat Berkendara agar Terhindar dari Bahaya

Kamis, 15 Februari 2024 | 15:49 WIB
header img
Setiap pengendara wajib memiliki ilmu dan kemampuan teknik menikung di jalan raya secara benar (Foto: Istimewa)

MANADO, iNewsManado.id - Setiap pengendara wajib memiliki ilmu dan kemampuan teknik menikung di jalan raya secara benar. Meski terlihat mudah, tapi bila kita tidak memahami teknik dasarnya akan berpotensi bahaya.

Lean With the Bike merupakan salah satu teknik menikung yang bisa diaplikasikan ketika berkendara di jalan raya. Teknik ini dilakukan dengan posisi pengendara dan kendaraan berada pada posisi tegak lurus. Dengan teknik ini, pengendara tak perlu mengubah posisi duduk layaknya menikung di lintasan sirkuit.

Untuk melakukan teknik Lean With the Bike saat menikung di jalan umum, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan dan dilakukan oleh pengendara, di antaranya:

1. Turunkan kecepatan

Sebelum memasuki tikungan, turunkan kecepatan dengan mengurangi bukaan gas dan lakukan pengereman menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan. Teknik Lean With the Bike bisa dilakukan dalam kecepatan yang tidak terlalu tinggi atau terlalu lambat.

Jika teknik ini digunakan dalam kecepatan tinggi, bisa membuat motor keluar dari jalurnya sehingga berpotensi menabrak kendaraan lain dari dari arah berlawanan. Sementara jika diaplikasikan dalam kecepatan terlalu rendah berpotensi membuat motor robuh atau terjatuh saat motor pada posisi miring.

Editor : Subhan Sabu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut