get app
inews
Aa Read Next : Cara Redakan Gejala Flu dengan Cepat, Konsumsi Sayuran Super Ini!

Cukup 7 Menit, Ayo Deteksi Kanker Payudara Sejak Dini dengan Cara Mudah Berikut Ini

Selasa, 08 Februari 2022 | 07:02 WIB
header img
Deteksi kanker payudara sejak dini dengan cara mudah. (Foto ilustrasi: Unsplash)

"Rasa malu, tabu, stigma ini harus dihilangkan dari masyarakat. Pada waktu itu masih tabu ya, saya ingat sekali masih bisik-bisik seolah penyakit kutukan," ujar Linda.

Melansir dari situs YKPI, melakukan praktik SADARI ini rupanya hanya membutuhkan waktu selama 7 menit. Praktik ini dapat dilakukan sewaktu mandi karena busa sabun akan mempermudah saat meraba payudara. Berikut langkah-langkahnya:

1. Perhatikan dengan teliti payudara Anda di muka cermin, dengan kedua lengan lurus ke bawah. Perhatikan bila ada benjolan atau perubahan bentuk dan ukuran pada payudara (Payudara kanan dan kiri secara normal tidak persis sama).

2. Angkatlah kedua lengan ke atas sampai kedua lengan berada di belakang kepala dan tekan ke depan, ulangi pemeriksaan seperti langkah awal.

3. Tekanlah kedua tangan anda kuat-kuat pada pinggul dan gerakan kedua lengan dan siku ke depan sambil mengangkat bahu. Cara ini akan menegangkan otot-otot dada anda dan perubahan-perubahan seperti cekungan (dekok) dan benjolan akan lebih terlihat.

4. Angkat lengan kiri anda. Rabalah payudara kiri dengan tiga ujung tengah lengan kanan yang dirapatkan. Perabaan dapat dilakukan dengan cara:

Editor : Norman Octavianus

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut