get app
inews
Aa Read Next : Keindahan Pagoda Ekayana di Kota Tomohon

Bagaimana Asal-Usul dan Sejarah Tahun Baru Imlek? Berikut Ulasannya

Jum'at, 28 Januari 2022 | 14:20 WIB
header img
Asal-usul dan sejarah Tahun Baru Imlek. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Tahun Baru Imlek tinggal beberapa hari lagi, berbagai ciri khas ornamen yang di dominasi dengan warna merah pun mulai terlihat di berbagai pusat perbelanjaan hingga restoran. 

Walaupun Imlek merupakan salah satu hari besar etnis Tionghoa di seluruh dunia, namun perayaannya ini juga dilakukan bukan hanya oleh kalangan Tionghoa saja, tetapi masyarakat umum, termasuk masyarakat Indonesia. 

Secara internasional Imlek dikenal dengan Lunar New Year. Menurut KBBI, Imlek berarti penanggalan China berdasarkan peredaran bulan. 

Hari perayaannya berbeda setiap tahunnya. Pada 2022 ini akan jatuh pada 1 Februari. Lantas, bagaimana asal-usul dan sejarah Tahun Baru Imlek? Berikut ulasannya. 

Asal Usul Imlek 

Asal-usul Tahun Baru Imlek berasal dari China yang dikenal sebagai Hari Raya Musim Semi sejak 3.500 tahun silam. Perayaan datangnya musim ini dilakukan dengan menggelar festival yang berlangsung dari hari pertama hingga ke-15 bulan pertama. Perayaan ini juga kerap disebut sebagai Cap Go Meh.

Sejarah lain menyebutkan sebelum Dinasti Qin di China, tanggal perayaan Imlek belum pasti. Lalu pada Dinasti Xia, tanggalnya ditentukan pada bulan ke-1.

Editor : Norman Octavianus

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut