get app
inews
Aa Read Next : Incar Kemenangan di Pilkada Serentak, Demokrat Sulut dapat Dukungan Kaesang-Gibran

Dorong Digitalisasi Daerah, BI Sulut Gelar Kawanua Digifest Basuara di Kotamobagu

Selasa, 24 Oktober 2023 | 18:14 WIB
header img
Kepala KPw BI Sulut, Andry Prasmuko bersama Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw saat launching Kawanua Digifest Basuara di Kotamobagu (Foto : Istimewa)

KOTAMOBAGU, iNewsManado.com -  Mendorong digitalisasi daerah sekaligus mengajak warga untuk melaksanakan pembayaran digitalisasi, Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sulawesi Utara (Sulut) bersama pemerintah daerah dan Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) se-Bolaang Mongodow Raya (BMR) menggelar Kawanua Digifest Basuara di Lapangan Monkonai, Kotamobagu, Sabtu (21/10/2023)

Kepala KPw BI Sulut, Andry Prasmuko mengatakan kegiatan tersebut untuk mengajak masyarakat BMR menggunakan sistem pembayaran digital. “Kegiatan ini mendorong implementasi berkelanjutan digitalisasi pembayaran, dan elektronifikasi transaksi Pemda Sulut,” kata Andry.

Kawanua Digifest Basuara berlangsung meriah dengan rangkaian kegiatan yang meningkatkan user experience QRIS. Antara lain jalan sehat dan zumba, QRIS street food, lomba goyang KIS CBP Rupiah, Basuara Idol, TikTok QRIS, QRIS affiliator, lomba mewarnai anak, hingga konser QRIS. “Ada juga kegiatan penukaran uang logam dan peduli logam serta edukasi QRIS dan Cinta Bangga Paham Rupiah.

Andry berharap ouput kegiatan yang dihadiri oleh ribuan masyarakat ini dapat meningkatkan awareness dan literasi masyarakat terkait penggunaan sistem pembayaran digital, terutama QRIS sebagai game changer pembayaran digital. Ini merupakan perluasan, dan penggunaan kanal pembayaran non tunai yang memberikan kemudahan, keamanan, transparansi, serta kelancaran sistem pembayaran yang berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi termasuk mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kawanua Digifest Basuara adalah upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi di BMR, melalui digitalisasi transaksi. Kegiatan yang dilaksanakan juga bagian dari launching retribusi daerah se-Bolmong Raya,” ujarnya.

Wakil GubernurSulut, Steven Kandouw dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa masyarakat Sulut khususnya wilayah Kotamobagu dan Bolmong Raya, sudah seharusnya untuk bertransaksi secara non tunai (melalui ATM, mobile banking, QRIS), yang lebih mudah, aman, serta mendorong cash less society.

Editor : Subhan Sabu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut