get app
inews
Aa Read Next : PP FISI Bertekad Antar Atlet Berlaga di Winter Olympic Games Usai Dilantik Ketum KONI Pusat

HUT ke-85, Ketum KONI Ajak Untuk Bersatu Berprestasi Demi Prestasi Olahraga Indonesia

Selasa, 17 Oktober 2023 | 07:27 WIB
header img
Ketua Umun KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman memberikan penyampaian saat merayakan HUT ke-85 di Kantor KONI Pusat Senayan (Foto : Istimewa)

JAKARTA, iNewsManado.com - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) menginjak usia yang ke-85 pada 15 Oktober 2023. Di hari ulang tahunnya, Ketua Umun KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman mengajak seluruh pihak, pemerintah, pemerintah daerah, swasta, KONI Provinsi, Induk Cabang Olahraga dan masyarakat untuk Bersatu Berprestasi demi prestasi olahraga Indonesia.

“Oleh karenanya, saya mengajak semua pihak, mari kita bergandengan tangan. Kita juga harus hidup seiring dengan kemajuan zaman ini. Tidak mungkin prestasi olahraga itu tercapai apabila kita tidak menguasai Sport Science,” kata Marciano, Senin (16/10/2023).

Dalam penyampaiannya saat merayakan HUT ke-85 di Kantor KONI Pusat Senayan. Ketum KONI Pusat memberikan arahan kepada seluruh jajaran pengurus, staf ahli dan juga staf.

Marciano bertekad agar pada usia yang menginjak 85 tahun, KONI dapat mewujudkan harapan Bangsa Indonesia akan prestasi olahraga. Harapan serta kerja keras KONI dan seluruh anggotanya membina atlet-atlet berprestasi, akan melahirkan apa yang juga menjadi harapan bangsa dan negara. Harkat dan martabat negara Indonesia dapat terangkat di masa damai melalui prestasi olahraga atlet-atletnya, karena prestasi atlet merupakan proyeksi suatu bangsa.

Sejatinya, tanggal 15 Oktober 1938 dijadikan HUT KONI Pusat karena saat itu, organisasi induk pembinaan olahraga nasional yaitu Ikatan Sport Indonesia (ISI) untuk pertama kalinya menggelar Pekan Olahraga ISI di Surakarta pada 15-22 Oktober 1938 silam. Adapun ISI dibentuk oleh Perserikatan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Perserikatan Lawn Tenis Indonesia (Pelti) dan Perserikatan Bola Keranjang Seluruh Indonesia (PBKSI) tanggal 8 Oktober 1938.

Merujuk pada sejarah tersebut, Marciano meyakini bahwa semangat ini masih relevan hingga saat ini dan berharap agar di usia yang ke-85 ini, KONI dapat mengevaluasi kinerjanya dalam pembinaan organisasi dan prestasi olahraga.

Editor : Subhan Sabu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut