get app
inews
Aa Read Next : Pasar Murah Minyak Goreng Partai Perindo di Pasar Amurang Gemparkan Warga

Normans Luntungan Ingatkan Masyarakat Waspada Topan Saola Pemicu Gelombang Tinggi

Selasa, 29 Agustus 2023 | 06:23 WIB
header img
Normans Luntungan ST, M,Eng, Bakal Caleg (Bacaleg) anggota DPRD Sulut dari Partai Perindo Dapil Nusa Utara mengingatkan kepada masyarakat yang akan menjalankan aktivitas di laut, agar selalu berhati-hati dan melihat perubahan cuaca. (Foto : Istimewa)

SITARO, iNewsManado,com - Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPRD Sulawesi Utara dari Partai Perindo, Normans Luntungan mengingatkan kepada masyarakat yang akan menjalankan aktivitas di laut, agar selalu berhati-hati dan melihat perubahan cuaca. 

Hal ini mengingat adanya peringatan dini gelombang tinggi dari Badan Meteoroli Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Bitung 
Siklon Tropis Saola terpantau di Kepulauan Utara Filipina dengan tekanan udara di pusat sirkulasi 940 hPa yang bergerak ke arah Utara Timur Laut memberikan dampak secara tidak langsung di wilayah perairan Utara Sulawesi seperti meningkatkan kecepatan angin dan tinggi gelombang. 

Pada umumnya angin bertiup dari arah Selatan dengan deviasi 45 dengan kecepatan 8 - 25 knot. Tinggi gelombang 1,25 - 2,5 M (Sedang) berpeluang terjadi di Perairan Timur dan Selatan Kepulauan Sangihe, Perairan Kepulauan Talaud, Perairan Timur dan Selatan Kepulauan Sitaro, Perairan Bitung, Perairan Pesisir Selatan Sulut dan Laut Maluku.

Peringatan dini gelombang tinggi ini diprediksi terjadi 29 Agustus  2023 pukul 08.00 WITA sampai 30 Agustus 2023 pukul 08.00 WITA

“Memang kita tidak bisa mengetahui apa yang akan terjadi ke depan. Namun setidaknya sikap waspada dan selalu berhati-hati dalam melakukan aktivitas harus diperhatikan,” Kata Bacaleg Dapil Nusa Utara (Sangihe, Sitaro, Talaud) itu, Selasa (29/8/2023).

Bagi masyarakat yang akan beraktivitas di laut atau hendak menangkap ikan, tentu hal ini harus diperhatikan. Sebab ketika angin kencang, tentu ombak juga cukup tinggi.

“Sehingga ketika kita tidak berhati-hati, tentu akan sangat berbahaya," ujarnya.

Editor : Subhan Sabu

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut