get app
inews
Aa Read Next : PT Pertamina Patra Niaga IT Bitung Memperoleh Local Hero Inspiration Award 2024 dari KLHK

Ketersediaan Avtur Pertamina Bagi Kepulangan Penerbangan Haji 2023 di Sulawesi Berjalan Sukses

Jum'at, 18 Agustus 2023 | 18:11 WIB
header img
PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi melalui DPPU Hasanuddin Makassar sebagai penyedia avtur bahan bakar pesawat telah menyelesaikan tugasnya dengan memastikan ketersediaan avtur untuk kepulangan haji tahun ini (Foto : Istimewa)

MAKASSAR, iNewsManado.com - Periode penerbangan Haji tahun 2023 di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, yang menjadi titik embarkasi dan debarkasi haji wilayah Indonesia Timur, telah berhasil berakhir pada tanggal 4 Agustus 2023. Para jamaah haji telah tiba dengan selamat di tanah air Indonesia.

PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi melalui DPPU Hasanuddin Makassar, yang bertanggung jawab sebagai penyedia avtur sebagai bahan bakar pesawat, telah berhasil menyelesaikan tugasnya dengan sukses memastikan ketersediaan avtur untuk kepulangan jamaah haji tahun ini.

Wisnu Fajar Baskoro, Region Manager Corp Oper & Serv Sulawesi mengungkapkan hal ini dalam acara Seremoni Penutupan Hajj Flight 2023 di Hotel Dalton pada Jumat (11/8/2023) lalu. Ia menjelaskan bahwa konsumsi avtur untuk penerbangan haji tahun 2023 mengalami peningkatan signifikan sebesar 47 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Peningkatan ini terjadi karena jumlah jemaah haji yang berangkat pada tahun ini meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Peningkatan tersebut sebagian besar disebabkan oleh perubahan situasi, di mana tahun sebelumnya masih dalam kondisi pandemi. Selain itu, terjadi peningkatan jumlah kloter haji dari 36 menjadi 41 kloter di Sulawesi Selatan pada tahun ini.

"DDPU Hasanuddin Makassar berhasil memenuhi kebutuhan avtur untuk penerbangan haji sebanyak 714 Kiloliter (KL) pada fase pertama (keberangkatan) mulai dari 24 Mei 2023 hingga 22 Juni 2023. Sementara untuk fase kedua (kepulangan) yang berlangsung dari 3 Juli 2023 hingga 8 Agustus 2023, kebutuhan avtur mencapai 3.825 KL. Realisasi ini melebihi jumlah permintaan avtur dari Maskapai Garuda Indonesia untuk penerbangan jamaah haji," tutur Wisnu, Jumat (18/8/2023).

Atas dukungan pelayanan Hajj Flight yang berjalan dengan baik, maskapai penyedia layanan hajj flight, Garuda Indonesia, memberikan sertifikat penghargaan kepada PT Pertamina Patra Niaga DPPU Hasanuddin. Wisnu menyatakan bahwa prestasi ini akan menjadi motivasi bagi mereka untuk terus meningkatkan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Editor : Subhan Sabu

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut