get app
inews
Aa Read Next : Cara Redakan Gejala Flu dengan Cepat, Konsumsi Sayuran Super Ini!

16 Manfaat Telur Rebus untuk Kesehatan yang Tidak Disangka, Salah Satunya untuk Jantung Sehat

Jum'at, 04 Agustus 2023 | 10:12 WIB
header img
Manfaat telur rebus untuk kesehatan. Foto/Istimewa

MANADO, iNewsManado.com - Manfaat telur rebus untuk kesehatan akan diulas dalam artikel kali ini.

Dilansir berbagai sumber, satu butir telur Rebus mengandung energi sebesar 154 kilokalori, protein 12,2 gram, karbohidrat 0 gram, lemak 0 gram, kalsium 54 miligram, fosfor 0 miligram, dan zat besi 2,7 miligram.

Selain itu, di dalam Telur Rebus juga terkandung vitamin A sebanyak 900 IU, vitamin B1 0,1 miligram dan vitamin C 0 miligram.

Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Telur Rebus, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

Nah, kebanyakan orang tidak mengetahui manfaat telur rebus bagi kesehatan. Telur rebus hanya dianggap sebagai makanan pelengkap saja. 

Berikut manfaat telur rebus dirangkum Jumat (4/8/2023). 

 

1. Vitamin D

Manfaat telur rebus pertama adalah pada Kuning telur. Kuning telur adalah salah satu dari sedikit makanan yang mengandung vitamin D secara alami. Dua butir telur rebus sudah mencukupi 82 persen kebutuhan vitamin D harian orang dewasa.

Vitamin D bermanfaat untuk menyerap kalsium dan fosfor. Oleh karena itu, vitamin D diperlukan untuk menjaga tulang dan gigi yang kuat. Vitamin D juga mendukung pemeliharaan fungsi otot dan kekebalan. 

 

2. Protein

Telur rebus mengandung protein tinggi karena dalam

Satu butir telur rebus mengandung sekitar 6,3 gram protein. Telur juga mengandung sembilan asam amino esensial, yang membantu pertumbuhan otot, pemulihan, dan pemeliharaan.

 

3. Kolin 

Manfaat telur rebus berikutnya adalah ada kandungan kolin. Kolin adalah salah satu zat terpenting yang dibutuhkan tubuh. Kolin sering dikelompokkan dengan vitamin B lainnya. Dalam menjaga kesehatan tubuh, kolin berperan pemeliharaan otak serta menjaga perkembangan dan kinerja sel. 

 

4. Mata

Manfaat telur rebus berikutnya untuk kesehatan mata. 

Vitamin A dan E, serta selenium, semuanya ditemukan dalam telur rebus. Nutrisi ini punya manfaat sebagai antioksidan penting dalam menjaga kesehatan mata dan memulihkan fungsi retina. Selain itu, selenium membantu mencegah penglihatan degeneratif pada usia muda dan tua.

 

5. Kolesterol Baik

Kolesterol baik terkandung dalam satu butir telur rebus. 

Sebutir telur mengandung 212 miligram kolesterol. Namun, kolesterol makanan tidak sama dengan kolesterol darah yang lebih tinggi. High-density lipoprotein (HDL), atau kolesterol baik pun bisa  meningkat setelah makan telur rebus

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut