get app
inews
Aa Read Next : PW Muhammadiyah Sulawesi Utara Berikan Bantuan Bagi Para Korban Erupsi Gunung Ruang

Bung Karno Diusulkan jadi Nama Bandara di Sitaro, Ini Cerita Soekarno Kunjungi Pulau Siau

Jum'at, 14 Januari 2022 | 10:13 WIB
header img
Bandara yang terletak di Desa Balirangen Kecamatan Siau Timur Selatan diusulkan jadi nama Bandara Bung Karno. (Foto: Jackmar Tamahari)

SITARO, iNews.id - Nama Presiden pertama RI Soekarno atau tenar disapa Bung Karno, diusulkan untuk jadi nama salah satu bandara di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara.

Kepala Dinas Kominfo Sitaro Gandhawari Mulalinda, mengatakan pemerintah Kabupaten Sitaro, per 22 Januari 2022 mengajukan permohonan ke pihak Kementerian Perhubungan Republik Indonesia terkait nama Bandara yang terletak di Desa Balirangen Kecamatan Siau Timur Selatan. 

"Berdasarkan kesepakatan pemerintah daerah dan pihak legislatif, namanya adalah Bandara Bung Karno," kata Mulalinda, Kamis (13/01/2022).

Dia menjelaskan, penamaan tersebut, juga mengingat rekam jejak nilai-nilai perjuangan Bung Karno yang tidak bisa dihilangkan.

"Tanpa Bung Karno dan Bung Hatta mungkin saja kemerdekaan kita bisa tertunda dan bangsa Indonesia tidak seperti saat ini," terang Mulalinda.

Dia berharap permohonan tersebut, bisa secepatnya direspon oleh pihak Kementerian Perhubungan. Bahkan, ditindaklanjuti dengan peresmian Bandara tersebut.

"Kita juga memiliki kerinduan bandara bisa diresmikan oleh Presiden Joko Widodo," pungkasnya.

Sekadar referensi, Soekarno pertama kali berkunjung d Pulau Siau pada tahun 1954 silam. Kunjungan tersebut jadi kebanggaan warga Sitaro sampai saat ini. 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut