get app
inews
Aa Read Next : Akibat Cuaca Buruk, Basarnas Manado Kesulitan Evakuasi 2 Orang Nelayan yang Perahunya Terbalik

Kisah Dodol Amurang dan Asal Muasal Amurang Dijuluki Kota Dodol

Kamis, 13 Januari 2022 | 17:01 WIB
header img
Dodol Amurang. (Foto: Istimewa/merahputih.com)

MINSEL, iNews.id – Amurang merupakan salah satu kota di Sulawesi Utara. Amurang dijuluki Kota Dodol oleh masyarakat Sulut. Memang, dodol bukan saja dibuat di Amurang, tetapi sudah jadi kue khas di Minahasa Raya.

Dari berbagai referensi yang dirangkum iNewsManado, asal muasal Amurang dijuluki Kota Dodol berangkat dari peristiwa dimasa lalu. Sesuai informasi, dimasa lalu dodol merupakan kue yang primadona di Minahasa dan awalnya dibuat di Amurang.

Pun, disetiap acara besar di Minahasa tempo dulu, Dodol Amurang merupakan sajian yang diburu. Disebut kue yang sangat disukai saat itu.

Seiring perkembangan zaman, daerah lain mulai membuat dodol. Namun, kekhasan Dodol Amurang ditaburi kenari atau kacang. Dodol Amurang dengan citarasa original dan tiada bandingannya memang dihasilkan di Amurang.

Dodol Amurang paling banyak ditemui, dan diproduksi besar-besaran adalah di Kabupaten Minahasa Selatan, seperti antara lain di Amurang, Motoling, Tumpaan, Lopana, Poigar, Tenga, Tumpaan, Tareran, Tompasobaru bahkan juga sampai ke Kabupaten Minahasa Tenggara. Dodol Amurang juga sudah familiar di Eropa, termasuk Belanda.

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut