get app
inews
Aa Read Next : Lantamal VIII Manado Melaksanakan Tradisi Farewell

Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila, Ini yang Disampaikan Danlantamal Manado

Kamis, 01 Juni 2023 | 10:45 WIB
header img
Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VIII Manado Laksamana Pertama TNI Nouldy J. Tangka memimpin upacara bendera hari lahir Pancasila (Foto : Istimewa)

MANADO, iNewsManado.com - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VIII Manado Laksamana Pertama TNI Nouldy J. Tangka memimpin upacara bendera hari lahir Pancasila, Kamis (1/6/2023).

Dalam amanatnya Danlantamal menyampaikan bahwa Pancasila merupakan dasar negara serta landasan ideologi bagi bangsa Indonesia. Setiap nilai luhur yang terkandung di dalamnya telah menjadi dasar hidup bernegara sejak konsep Pancasila diperkenalkan oleh Soekarno pada 1 Juni 1945.

"Peringatan Hari Lahir Pancasila merupakan momen untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia," ujar Danlamtamal VIII Manado Laksamana Pertama TNI Nouldy J. Tangka, S.A.P., CHRMP membacakan amanat Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono.

Tema yang diangkat dalam peringatan hari Lahir Pancasila kali ini relevan dengan tantangan dan situasi yang sedang dihadapi oleh segenap bangsa Indonesia yakni "Gotong Royong Membangun Peradaban Dan Pertumbuhan Global". 

Lebih lanjut Danlantamal VIII Manado menyampaikan saat ini banyak sekali upaya sistematis dan terus menerus yang dilaksanakan oleh para oknum untuk menggerus nilai-nilai Pancasila.

Oleh karena itu pada kesempatan tersebut Panglima TNI berpesan kepada prajurit sekalian untuk selalu menjaga dan melestarikan nilai-nilai Pancasila dengan menyampaikan beberapa penekanan. 

Penekanan yang disampaikan Panglima TNI antara lain TNI adalah garda terdepan dan benteng terakhir NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, Jadilah perekat dan pemersatu bangsa dengan upaya nyata di lapangan dan Jaga terus sinergitas TNI dengan Polri, Kementerian, serta lembaga lainnya. 

Upacara penaikan bendera dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila di pimpin langsung Danlantamal VIII Manado Laksamana Pertama TNI Nouldy J. Tangka, S.A.P., CHRMP., dan diikuti pejabat utama, Kepala Dinas dan Kepala Satuan Kerja Lantamal VIII. 

Editor : Subhan Sabu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut