get app
inews
Aa Read Next : Bandara Sam Ratulangi Lakukan Pembersihan Airside dan Terminal

Jumlah Penumpang di Bandara Sam Ratulangi Mengalami Peningkatan Selama Musim Mudik Lebaran 2023

Selasa, 02 Mei 2023 | 13:02 WIB
header img
Jumlah penumpang di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado mengalami peningkatan selama musim mudik Lebaran 2023 (Foto iNewsManado/Subhan)

MANADO, iNewsManado.com - Selama musim mudik Lebaran 2023, pergerakan penumpang di Bandara internasional Sam Ratulangi Manado mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

General Manager PT. Angkasa Pura I Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, Minggus E.T Gandeguai mengatakan Bandara telah melayani lebih dari 80 ribu penumpang dengan lebih dari 700 pergerakan pesawat.

"Hal ini menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan jumlah pergerakan penumpang yang signifikan," ujar Minggus usai penutupan Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran, Selasa (2/5/2023).

Peningkatan itu kata Minggus terjadi selain karena dihapuskannya Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) juga karena pembukaan rute baru oleh Maskapai Penerbangan

Dari catatan Posko Lebaran, puncak arus mudik kali ini terjadi di 19 April 2023 dengan total penumpang 5.527 dan 47 pesawat dan untuk arus balik terjadi pada Senin 1 Mei 2023 dengan total penumpang 5.663 dan 47 pesawat

"Persentase kenaikan sebesar 20 persen dan pesawat 11 persen dibanding dengan posko Lebaran tahun sebelumnya walau pun kargo mengalami penurunan yaitu minus 2 persen," kata Minggus

Meski pun jumlah penumpang belum sebanding dengan sebelum Pandemi Covid 19 melanda, namun pergerakan pesawat pada masa lebaran kali ini mengindikasikan kondisi penerbangan di Manado sudah berangsur pulih.

Penyelenggaraan Posko Terpadu kata Minggus guna mengoptimalkan jasa pelayanan udara melalui pengawasan, pelaksanaan, pemantauan, pengendalian serta evaluasi angkutan udara selama periode Lebaran 2023 di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado.

"Utamanya adalah tetap menjaga serta memberikan pelayanan terbaik bagi para pengguna jasa dan tentunya bukan hanya selama musim mudik Lebaran namun kedepannya dapat terus melakukan improvisasi dan memberikan pelayanan yang semakin baik," tuturnya.

Penutupan Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran yang dimulai sejak 14 April hingga 2 Mei 2023 dipimpin langsung oleh General Manager PT. Angkasa Pura I Bandara Sam ratulangi Manado Minggus Gandeguai selaku pembina Apel dan diikuti para pimpinan stakeholder yang hadir di area lobby terminal Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado.

Editor : Subhan Sabu

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut