get app
inews
Aa Read Next : Nestle Indonesia Perkuat Kolaborasi dengan FOI Demi Ciptakan Generasi yang Lebih Sehat

Profil Jerry Sambuaga, The Next Ketua Golkar Sulawesi Utara

Jum'at, 17 Maret 2023 | 08:14 WIB
header img
Profil Jerry Sambuaga, the next Ketua Golkar Sulut. Foto/Istimewa

MANADO, iNewsManado.com - Nama Jerry Sambuaga mulai kencang dibahas di jajaran arus bawah Partai Golongan Karya (Golkar) Sulawesi Utara untuk menakhodai partai berlambang pohon beringin di Tanah Nyiur Melambai. 

Jerry Sambuaga disebut cukup mumpuni diberi kepercayaan sebagai ketua Golkar Sulut karena sejumlah pengalaman dan kapasitasnya di tingkat pusat. 

Jerry Sambuaga saat ini mendapat kepercayaan Presiden Joko Widodo sebagai Wakil Menteri Perdagangan Indonesia Kabinet Indonesia Maju sejak 25 Oktober 2019.

Politikus kelahiran 2 Juli 1985 itu telah menghiasi dunia perpolitikam Sulawesi Utara karena sempat terpilih sebagai anggota DPR periode 2024-2019. 

Tak banyak terekspos, Jerry Sambuaga memiliki gelar doktor dan pada tahun 2008–2019, Jerry Sambuaga mengajar sebagai dosen ilmu politik, ilmu pemerintahan, dan ilmu hubungan internasional di beberapa kampus antara lain di Universitas Pelita Harapan, Universitas Sam Ratulangi, London School of Public Relations, Universitas Pertamina, Universitas Paramadina, dan Universitas Indonesia. 

Pada tahun 2006, Jerry terlibat aktif sebagai peneliti dalam misi penjaga perdamaian dan resolusi konflik, tepatnya pada Divisi Politik Perutusan Tetap Republik Indonesia untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York, Amerika Serikat.

Pada tahun 2008–2009, ia menjabat sebagai Staf Ahli Ketua DPR RI yang secara spesifik menangani isu-isu luar negeri, khususnya terkait hubungan DPR RI dengan parlemen-parlemen dunia. Dan setelah selesai menjabat sebagai Staf Ahli Ketua DPR RI, Jerry kemudian menjabat sebagai Staf Ahli Ketua DPD RI tahun 2009–2016.

Dalam struktur DPP Partai Golkar, Jerry pernah tercatat sebagai Anggota Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu), Anggota Bidang Penggalangan Khusus Sub Bidang Pemilih Pemula, Fungsionaris Tingkat Pusat DPP Partai Golkar, Anggota Badan Informasi dan Komunikasi (BIK) Divisi Hubungan Antar Lembaga, Anggota Departemen Kerjasama Internasional DPP Partai Golkar, Anggota Balitbang DPP Partai Golkar.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut