get app
inews
Aa Read Next : 4 Fakta Unik Malalayang Beach Walk yang Wajib Diketahui

Masjid Kubah Emas, Destinasi Wisata Yang "Lahir" Karena Sebuah Nazar

Senin, 20 Desember 2021 | 13:46 WIB
header img
Masjid Kubah Emas (Masjid Diah Al Mahri). (Foto: rumah.com)

Turni mengatakan, selain menjadi tempat wisata, Masjid Kubah Emas juga kerap menjadi lokasi untuk resepsi pernikahan. 

"Memang nggak gratis, tapi yang paham tentang penyewaan tempat adalah pihak yayasan pengelola masjid ini (Yayasan Masjid Diah Al-Mahri, red)," katanya.

Menjelang sore, langit Kecamatan Limo yang semula cerah, mulai dilapisi awan hitam, dan beberapa menit sebelum azan ashar berkumandang, hujan turun dengan sangat deras. Semua pengunjung berlindung ke dalam masjid atau aula.

Almarhumah Hj Dian Djuriah Rais binti H Muhammad Rais memang sosok yang sangat luar biasa dalam melakukan syiar Islam. Dari catatan dalam skripsi karya Mirza Shahrani, mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia, yang disusun pada tahun 2008 dengan judul “Masjid Kubah Emas di Depok: Fenomena Reproduksi Masjid Kawasan Timur Tengah Dalam Konteks Indonesia”, diketahui kalau almarhumah bukan hanya membangun Masjid Kubah Emas, namun banyak lagi masjid-masjid lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia. Jumlahnya mencapai ribuan masjid.

Nama Mahri yang disematkan almarhumah pada nama Masjid Kubah Emas (Masjid Dian Al Mahri), berasal dari nama salah satu anaknya. Pengunjung dapat menziarahi makam Dian saat berkunjung ke masjid tersebut, karena lokasi makam pengusaha dermawan dan religius ini berada di belakang masjid.

Editor : Norman Octavianus

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut