get app
inews
Aa Read Next : 4 Fakta Unik Malalayang Beach Walk yang Wajib Diketahui

Masjid Kubah Emas, Destinasi Wisata Yang "Lahir" Karena Sebuah Nazar

Senin, 20 Desember 2021 | 13:46 WIB
header img
Masjid Kubah Emas (Masjid Diah Al Mahri). (Foto: rumah.com)

Mungkin, jika Anda memasuki area masjid ini, Anda dapat membayangkan tengah memasuki halaman sebuah istana di Timur Tengah, namun dengan tanah yang subur seperti Indonesia.

Bagi yang baru pertama kali datang, umumnya memiliki pendapat yang sama; Masjid Kubah Emas, bangunan aula, Ruko dan vila-vilanya, serta bentangan tamannya sangat luar biasa. Tak mengherankan kalau masjid ini menjadi terkenal hingga mancanegara, dan menjadi salah satu destinasi wisata religi di Indonesia. 

Turni mengatakan, pada tahun-tahun awal Masjid Kubah Emas berdiri, masjid ini menjadi tempat favorit warga sekitar masjid yang ingin berwisata.

"Tapi sekarang warga hanya datang ke sini kalau mau sholat Jumat, sholat taraweh, sholat Idul Adha dan Sholat Idul Fitri," katanya.

Ia berkisah kalau selama ditutup akibat pandemi, suasana di kompleks Masjid Kubah Emas seperti "kota mati", karena untuk sholat Jumat pun dilarang pemerintah.

"Sejak pandemi sampai sekarang, di sini sudah dua kali puasa dan dua kali lebaran nggak ada sholat taraweh, nggak ada i'tikaf, dan nggak ada sholat ied. Nggak tahu tahun depan. Mudah-mudahan pandemi sudah nggak ada, sudah selesai," harapnya.

Turni, juga seorang tukang foto di Masjid Kubah Emas bernama Fadil, mengatakan, pengunjung Masjid Kubah Emas juga datang dari luar Jabodetabek, bahkan dari luar Pulau Jawa.

"Itu, ibu-ibu yang semuanya berkerudung merah, katanya datang dari Padang. Minggu lalu juga ada yang dari Palembang, Kalimantan, bahkan dari Papua juga pernah ke sini," kata Turni seraya menunjuk sekelompok ibu-ibu yang sedang berfoto bersama di tangga masjid.

Sejak Masjid Kubah Emas dibuka kembali pada awal September 2021, setiap akhir pekan, yaitu Sabtu dan Minggu, Masjid Kubah Emas dibanjiri pengunjung dengan jumlah mencapai ratusan orang.


Seorang pengunjung sholat di depan mihrab Masjid Kubah Emas. (Foto: iNewsDepok)

Daya tarik utama masjid ini adalah, seperti namanya, terlatak pada kubahnya yang terbuat dari emas. Masjid ini memiliki satu kubah utama dan 4 kubah kecil. Kubah-kubah itu seluruhnya dilapisi emas setebal 2-3 milimeter dan dipercantik dengan mozaik kristal. 

Editor : Norman Octavianus

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut