get app
inews
Aa Read Next : Nestle Indonesia Perkuat Kolaborasi dengan FOI Demi Ciptakan Generasi yang Lebih Sehat

Ini Penyebab dan Gejala Kanker Prostat yang Harus Diketahui para Pria

Selasa, 24 Januari 2023 | 08:06 WIB
header img
Penyebab dan gejala kanker prostat yang harus diketahui para pria. Ilustrasi/Istimewa

JAKARTA, iNewsManado.com - Penyebab dan Gejala Kanker Prostat akan diulas dalam artikel kali ini. Kanker prostat umumnya menyerang pria di atas 50 tahun. 

Pun, penyebab pasti kanker prostat belum diketahui secara pasti. Namun, sejumlah pemicu kanker prostat diantaranya adanya penambahan usia, kegemukan dan pola makan yang kurang sehat. 

Kanker prostat adalah kanker di dalam kelenjar prostat. Kondisi ini umumnya ditandai dengan gangguan buang air kecil. 

Kanker prostat awalnya tidak menimbulkan gejala apa pun. Namun, jika kanker makin membesar atau kelenjar prostat mengalami peradangan, penderita akan mengalami gejala berupa gangguan buang air kecil, misalnya susah buang air kecil atau buang air kecil kurang lancar.

Para pria diimbau untuk memeriksakan diri jika mengalami rasa sakit yang ringan di pinggul, panggul, atau punggung bawah. Sebab, kanker prostat telah merenggut ribuan nyawa di dunia. 

Salah satu gejala kanker prostat yang paling sering diabaikan adalah nyeri di pinggul, panggul, dan punggung bawah. Parahnya, banyak orang mengira rasa sakit tersebut karena tidur dengan posisi yang salah atau akibat dari memutar tubuh setiap hari.

 “Sangat penting bagi pria untuk selaras dengan tubuh mereka dan waspada terhadap perubahan apa pun, tidak peduli seberapa kecil atau tidak pentingnya hal itu pada awalnya,” kata Direktur Medis Pusat Terapi Proton Praha Dr Jiri Kubes.

Prostat adalah kelenjar seukuran kenari yang terletak tepat di bawah kandung kemih dan di depan rektum. 

Kanker prostat seringkali tidak menimbulkan gejala apapun sampai tumor tumbuh cukup besar untuk menekan saluran yang membawa urine dari kandung kemih keluar dari penis. 

Artikel ini telah tayang di SINDOnews.com dengan judul: Gejala Kanker Prostat yang Harus Diketahui Pria, Waspada Rasa Sakit di 3 Area Ini

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut