get app
inews
Aa Read Next : Kedai Coba Rasa, Tempat Nongkrong Kekinian Anak Muda di Pinolosian Timur

Wajib Tahu! Ini Formasi yang Dibutuhkan pada Rekrutmen CPNS 2023

Jum'at, 20 Januari 2023 | 10:15 WIB
header img
Rekrutmen CPNS 2023 akan dibuka. Tampak 194 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi pengadaan 2019 silam. Foto/Istimewa

JAKARTA, iNewsManado.comRekrutmen CPNS 2023 akan dibuka. Ada sejumlah formasi khusus yang dibutuhkan dalam rekrutmen CPNS 2023 ini.

Selain itu, rekrutmen PPPK akan dilanjutkan di 2023 setelah sebagian instansi melakukan perekrutan sejak akhir 2022 lalu. 

Menariknya, rekrutmen CPNS 2023 pemerintah memfokuskan jabatan profesi seperti hakim, jaksa dan dosen serta tenaga teknis tertentu lainnya termasuk talenta digital serta jabatan pelaksana prioritas sesuai Peraturan Menteri PANRB No. 45/2022 tentang Jabatan Pelaksana Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Instansi Pemerintah. 

"Pemerintah memutuskan untuk melakukan rekrutmen CPNS dan PPPK pada tahun 2023," tegas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, di Jakarta, Senin (26/12/2022).

Menteri Abdullah Azwar Anas juga menyebut fokus formasi kebijakan rekrutmen CPNS 2023 ini. Yakni, guru dan tenaga kesehatan serta rekrutmen talenta digital dan data scientist secara terukur. Merekrut CPNS secara sangat selektif. Dan terakhir adalah mengurangi rekrutmen jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital. 

“Karena dunia digital berubah cepat, pemerintah juga harus cepat adaptasi agar tidak tergerus zaman,” jelas Menteri Anas.

Menteri Anas menyampaikan bahwa rekrutmen CASN 2023 juga mempertimbangkan sejumlah variabel tertentu seperti indikator jumlah PNS yang pensiun dan pemenuhan SDM guna mendukung program strategis nasional, termasuk letak geografis dan kemampuan anggaran.

“Selain itu, pemerintah juga telah menyiapkan kajian terkait penataan dan pemenuhan formasi ASN Papua dan Papua Barat serta DOB Papua,” bebernya.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut