get app
inews
Aa Read Next : Lebih Dari Enam Dekade Berkiprah, CIMB Niaga Rayakan HUT ke-68

Ini 5 Mata Uang Tertua di Indonesia, dari Kerajaan Mataram hingga Samudera Pasai

Kamis, 16 Desember 2021 | 10:40 WIB
header img
Mata uang tertua di Indonesia, mulai dari Kerajaan Mataran hingga Samudera Pasai. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Ternyata ada beragam mata uang di Indonesia yang juga menjadi mata uang tertua sebelum Rupiah ada. Salah satunya yaitu Syailendra, yang pertama kali dicetak pada zaman kerajaan Mataram. 

Mata uang tertua di Indonesia ini memiliki keunikan tersendiri sehingga menarik untuk diketahui. Terlebih lagi, mata uang ini sudah digunakan pada zaman kerajaan yang biasa kita pelajari saat di sekolah. 

Berikut ini 5 mata uang tertua di Indonesia sebelum rupiah lahir: 

1. Syailendra 

Mata uang ini pertama kali dicetak pada masa Kerajaan Mataram Syailendra di Jawa Tengah, alias pada 850-an. Bentuknya koin dan berbahan emas atau perak, serta memiliki beberapa nominal. Contohnya, uang kupang. Uang Atak senilai dengan dua kupang, uang Masa senilai dengan empat kupang. Pada bagian depan uang syailendra, tertulis huruf Devanagari yang sering dipakai untuk menulis dalam bahasa Sansekerta. 

2. Krishnala

Pada tahun 1042 hingga 1130 atau zaman Kerajaan Jenggala di Jawa Timur, uang Krishnala hadir dengan bahan dasar emas dan perak. Bentuknya bulat datar untuk koin emas , sedangkan bulat cembung untuk koin perak. Sayangnya, fungsi uang krishnala sebagai pembayaran yang sah mulai tergantikan saat uang kepeng Tiongkok mulai masuk ke Indonesia. 

Editor : Norman Octavianus

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut