get app
inews
Aa Read Next : Lebih Dari Enam Dekade Berkiprah, CIMB Niaga Rayakan HUT ke-68

Bukan Indonesia, Ini Negara yang Memiliki Pulau Terbanyak di Dunia

Jum'at, 04 Februari 2022 | 08:03 WIB
header img
Swedia merupakan negara yang memiliki pulau terbanyak di dunia dengan jumlah 221.800 pulau. (Foto: Live Science)

JAKARTA, iNews.id - Beberapa negara di dunia ini terkenal dengan banyak pulau yang dimilikinya, mulai dari yang terkecil hingga terbesar. 

Apakah Anda bisa menebak negara mana yang memiliki pulau paling banyak di dunia? Indonesia, Yunani, atau Kanada. Ternyata negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia adalah Swedia, memiliki sebanyak 221.800 pulau.

Berdasarkan data Statista, lembaga statistik Jerman, Swedia yang terletak di Eropa Utara adalah rumah bagi 221.800 pulau yang sebagian besar tidak berpenghuni. Jumlah ini termasuk pulau-pulau kecil berukuran 25 meter persegi. Sedangkan Finlandia, berada di posisi runner-up, memiliki sekitar 188.000 pulau.

Dua negara tersebut merupakan bagian dari wilayah Nordik (yang juga mencakup Islandia dan Denmark). Itu menimbulkan pertanyaan menarik, mengapa bagian dunia ini memiliki begitu banyak pulau? Sebab, Norwegia, salah satu negara di wilayah Nordik, juga masuk negara dengan pulau terbanyak sekitar 55.000 pulau.

"Itu karena mereka (wilayah Nordik) memiliki masa lalu tertentu, secara geologis," kata Karin Sigloch, Direktur Penelitian di Pusat Penelitian Ilmiah Nasional Prancis (CNRS), kepada Live Science yang dikutip beberapa waktu lalu.

Editor : Norman Octavianus

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut