get app
inews
Aa Read Next : Jalin Kerjasama Dengan IFSC, Mahasiswa IAIN Manado Terbuka Peluang KKN di Turki

Prabowo Sukses Jalin Kerjasama Pertahanan dengan Turki, Sempat Tertunda karena Covid 19

Senin, 14 November 2022 | 19:32 WIB
header img
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto sukses jalin kerjasama Pertahanan dengan Turki. Foto/Istimewa

JAKARTA, iNewsManado.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto berhasil melakukan kerjasama bidang Pertahanan dengan Turki. Kerjasama ini sempat tertunda akibat pandemi Covid-19 lalu. 

Pihak Turki diwakili Menteri Pertahanan, Hulusi Akar dan penandatanganan MoU dilakukan di Bali, Senin (14/11/2022). 

"Akhirnya kesepakatan ini bisa terjadi hari ini," kata Prabowo.

Dia mengungkapkan penandatanganan kesepakatan tersebut sudah direncanakan sejak beberapa tahun lalu. Namun harus diundur karena pandemi Covid-19. 

Prabowo melanjutkan perjanjian hari ini bukan hanya antar pemerintah, tapi juga antar perusahaan untuk memperkuat kemakmuran bilateral kedua negara. Pada kesempatan tersebut, Prabowo juga menyampaikan pesan dari Presiden Joko Widodo yang turut mengapresiasi terjalinnya sejumlah kerja sama tersebut.

"Saya menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo untuk pertemuan bilateral ini. Beliau juga mengapresiasi semua agreement yang terjalin," ujarnya.

Selain bidang pertahanan, penandatanganan kerja sama bilateral juga dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Luar Negeri serta Badan Riset dan Inovasi Nasional. Penandatanganan dihadiri langsung oleh menteri terkait beserta sejumlah perusahaan yang juga menjalin kerja sama dengan Turki.

Prabowo optimistis sejumlah perjanjian yang ditandatangani pemerintah Indonesia dengan Turki hari ini dapat memantik kerja sama lain yang bertujuan untuk memakmurkan kedua negara.

Dia berharap setiap kesepakatan yang terjadi dapat diimplementasikan pada kedua negara. Prabowo menyebut pertemuan hari ini juga diharapkan dapat memperkuat persaudaraan Indonesia dan Turki.

"Hubungan ini baik ketika bisa berkontribusi untuk menguatkan kemakmuran kedua negara," katanya.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut