Pilpres 2024, Demokrat-NasDem dan PKS Usung Anies Baswedan?

Rico Afrido Simanjuntak
.
Selasa, 20 September 2022 | 10:26 WIB
Anies Baswedan kan diusung Partai Demokrat, PKS dan NasDem. Foto/Istimewa

JAKARTA, iNewsManado.com - Pernyataan Anies Baswedan tentang kesiapan dirinya maju Pilpres 2024, memanaskan konstalasi politik di Indonesia. 

Meski hingga saat ini belum ada Partai politik yang menyatakan mendukung Anies Baswedan sebagai Capres, namun perlahan mulai terlihat gambaran peluang Anies Baswedan yang dilirik sejumlah parpol. 

Saat ini, Partai Demokrat dan PKS adalah dua partai yang mengisyaratkan bakal mengusung Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Sangat beralasan, karena dua partai ini dikenal sebagai partai yang tak harmonis dengan PDIP. Kenapa PDIP? Sebab, diketahui PDIP tengah membangun komunikasi politik dengan Partai Gerindra serta sejumlah partai di dalam pemerintah untuk mengusung pasangan Capres. 

Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago meyakini sudah ada beberapa parpol yang tertarik untuk mengusung Anies Baswedan di Pilpres 2024. Beberapa parpol itu, kata Pangi, adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Nasdem, dan Partai Demokrat. 

“Sebetulnya Pak Anies itu sudah ada partai yang mengusung, cuma kan waktu momentum deklarasi itu kan belum bisa dipastikan parpol masih menyimpan misteri itu nama-nama, dan yang tertarik mengusung beliau pasti ada, tidak mungkin enggak ada, saya yakin ada,” kata Pangi, Selasa (20/9/2022).

Sebab, kata dia, elektabilitas Anies di sejumlah survei berbagai lembaga riset konsisten berada di papan atas. Pangi menuturkan, Nasdem sudah mengeluarkan tiga nama yang berpotensi diusung di Pilpres 2024.

Tiga nama itu Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa melalui Rakernas Nasdem beberapa waktu lalu.

“Jadi kan potensi diusung Nasdem kan iut ada dari tiga nama itu,” imbuhnya. Pangi juga melihat geliat perkembangan PKS cukup bagus.

“Termasuk mungkin Demokrat asal ada AHY nya mungkin ada juga klik di situ, titik temu persamaan kepentingan bagi Demokrat kan enggak muluk-muluk kan, Demokrat dukung tapi bagaimanapun AHY terbawa di situ,” pungkasnya.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini