get app
inews
Aa Read Next : Sering Dipandang Sebelah Mata, Ini 5 Buah Tropis yang Kaya Manfaat

Nyeri pada Tulang Belakang, Cegah Osteoporosis dengan Rutin Konsumsi Makanan Sehat

Jum'at, 19 November 2021 | 09:16 WIB
header img
Nyeri pada tulang belakang. (Foto ilustrasi: istimewa)

Dokter yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Orthopaedi & Traumatologi Indonesia (PABOI) itu menjelaskan puncak kepadatan tulang terjadi saat seseorang berusia 20 - 30 tahun dan akan berkurang setelah usia 35 tahun.

"Setelah di atas usia 35 tahun biasanya kepadatan tulang akan mulai berkurang. Tetapi bila saat muda kepadatannya bagus, pada umumnya ketika tua kita tabungannya masih banyak," ujar dr Omar.

Kenali Keluhan Tulang Belakang

Rasa sakit pada tulang belakang kerap menjadi keluhan masyarakat. Keluhan biasa muncul mulai dari gejala ringan hingga rasa sakit yang luar biasa, bahkan pada sejumlah kasus menyebabkan kecacatan pada bentuk tulang belakang. Gangguan tulang belakang memang tidak bisa diabaikan.

Pada tingkat diagnosa tertentu, gangguan tulang belakang harus diatasi dengan tindakan operatif. Namun, masyarakat beranggapan tindakan operasi pada tulang belakang dapat mengakibatkan luka bekas operasi yang signifikan, dan membutuhkan masa recovery yang lama.

Maka bisa dipahami saat ini banyak anggota masyarakat dengan keluhan tulang belakang masih merasa khawatir jika harus mengikuti tindakan operasi bedah tulang belakang di rumah sakit.

Lihat juga: Ini 5 Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Kesehatan Usus

Editor : Norman Octavianus

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut