get app
inews
Aa Read Next : Mood Jadi Lebih Baik Jika Konsumsi 4 Makanan Ini

Ini 5 Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Kesehatan Usus

Jum'at, 19 November 2021 | 07:50 WIB
header img
Pencernaan sehat, dimulai dari usus. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Pencernaan yang baik berhubungan erat dengan kesehatan usus. Bahkan, kecenderungan untuk menurunkan berat badan jauh lebih cepat saat Anda memiliki usus yang sehat. Mikrobioma usus yang sehat begitu penting supaya nutrisi bisa diserap dan melepaskan racun dari tubuh. 

Jika seseorang memiliki usus yang tidak sehat, maka bisa jadi akan punya masalah serius. Misalnya kembung, peradangan, obesitas, energi rendah dan bahkan masalah jerawat. 

Agar memiliki usus yang sehat, seseorang harus fokus pada makanan fermentasi dan makanan probiotik untuk mempromosikan bakteri baik. Melansir dari laman Pinkvilla, berikut 5 jenis makanan yang baik untuk kesehatan usus Anda. 

1Bawang putih

Bawang putih punya sifat antibakteri dan antimikroba yang dapat membantu mengurangi bakteri jahat. Zat ini bagus untuk memproduksi bakteri sehat di usus Anda sekaligus menghilangkan racun. 

2Minyak kelapa

Minyak kelapa sangat baik untuk meningkatkan kesehatan usus. Sebab bahan ini mengandung sifat antivirus dan antibakteri yang membunuh bakteri jahat di usus Anda. Asam lemak membantu membunuh bakteri sambil memulihkan tingkat keasaman di perut Anda. 

3. Cokelat

Di samping rasanya enak, ternyata cokelat juga baik untuk kesehatan usus. Diketahui cokelat mengandung polifenol, bahan kimia organik yang mendorong pertumbuhan dan kemanjuran bakteri usus. 

4. Mangga

Mangga merupakan makanan berserat tinggi yang bagus untuk usus Anda. Seratnya ini membuat bakteri baik tetap hidup di usus Anda. Sehingga meningkatkan kesehatan usus Anda serta mengurangi lemak tubuh dan mengontrol gula darah. 

5. Yogurt

Yogurt termasuk jenis makanan probiotik yang terdiri dari bakteri ramah usus. Makanan ini membantu meningkatkan jumlah bakteri baik di usus dan bisa meningkatkan kesehatan pencernaan. Yogurt sangat bagus untuk menghilangkan bakteri jahat.

 

Editor : Norman Octavianus

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut