get app
inews
Aa Read Next : Security Aniaya Gadis 16 Tahun di Area Kampus Unima

Masalah Tidur pada Anak dan Remaja

Rabu, 17 November 2021 | 12:05 WIB
header img
Gangguan tidur pada anak harus diwaspadai. (Foto Ilustrasi/Istimewa)

Artikel Mahasiswa

Nama: Glovy Benedicta Rorora

NIM: 21304173

Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi

Universitas Negeri Manado

 

MASALAH tidur termasuk masalah umum pada balita dan anak kecil. Anak mungkin sulit jatuh tertidur, terbangun di malam hari,atau tidur sendiri.

Masalah tidur pada sebagian besar anak hanya terjadi sesekali. Masalah ini tidak serius dan membaik dengan sendirinya,seiring berjalannya waktu.  

Jika tidak, Anda harus memandangnya sebagai masalah serius. Selain mengesalkan,masalah tidur bisa memengaruhi proses belajar dan perilaku anak.

Bisa jadi ada masalah kesehatan, fisik, atau mental yang  mendasarinya. Lamanya tidur yang dibutuhkan anak berkurang secara bertahap seiring bertambahnya usia.

Setiap anak berbeda,tetapi sebagai patokannya,batita perlu sekiar 12-14 jam tidur,anak prasekolah (usia 3 - 5) perlu 11 - 12 jam tidur,anak usia sekolah perlu 10 - 11 jam tidur,remaja perlu 9-10 jam tidur. Anak kecil seringkali takut ditinggalkan sendirian di malam hari. Ini sangat normal bagi kelompok usianya. Remaja juga bisa mengalami masalah sulit tidur,khususnya ketika merasa khawatir,minum terlalu banyak kafein,menghabiskan terlalu banyak waktu depan komputer atau menonton televisi dan lain sebagainya. Sebagian remaja akan mengembangkan kebiasaan tidur larut malam. Setelah beberapa saat,mereka mendapatkan diri tak bisa tidur lebih cepat.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut