get app
inews
Aa Read Next : Security Aniaya Gadis 16 Tahun di Area Kampus Unima

Edukasi Seks Sejak Dini

Jum'at, 05 November 2021 | 06:50 WIB
header img
Ilustrasi. (Istimewa)

Artikel Mahasiswa

OLEH : Gerald kasi

NIM: 21304031

Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi

Universitas Negeri Manado

Pendidikan seks sejak dini merupakan informasi penting yang harus diketahui oleh setiap anak. Setiap orang beranggapan bahwa pendidikan seksual merupakan hal yang tabu yang dibicarakan kepada anak sebelum merekan dewasa. Dengan adanya pendidikan seksual anak pun bisa memahami pentingnya seksualitas bagi kesehatan tubuh, bukan hanya sekedar hubungan antara pria dan wanita.

Pembahasan mengenai seks dapat melindungi anak dari dari dampak buruk sebuah konten tertentu misalnya tayangan di televisi maupun internet. Selain itu pemahaman tentang

dunia pergaulan harus diberikan kepada setiap anak agar mereka tidak terjerumus dalam hubungan seks bebas ataupun tindakan kriminal, seperti melakukan pemerkosaan atau kekerasan seksual terhadap suatu individu.

Pendidikan seks juga membuat anak dapat belajar memilih, bersikap, dan bertanggungjawab atas perbuatannya. Dengan demikian, mereka dapat mengetahui konsekuensi saat mulai aktif secara seksual, seperti kehamilan dan penyakit menular seksual.

Ketika anak berusia 3 atau 4 tahun, anak mulai memperhatikan dunia sekitarnya dan ia akan mulai belajar untuk mengetahui dirinya sendiri dan membandingkannya dengan teman-temannya. Di usia balita jelaskanlah kepada anak secara perlahan berbagai organ intim yang ada pada tubuhnya, seperti penis, payudara, dan vagina. Dan juga yang tidak kalah penting adalah beri tahu kepada anak bahwa tidak ada yang boleh menyentuh bagian intimnya, kecuali orang tua atau pengasuh anak.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut