get app
inews
Aa Read Next : Ini Profil 3 Kandidat Wakil Gubernur Sulut 2024

Pilgub Sulut 2024: PDIP Menang jika 3 Paslon, NasDem-Golkar-Demokrat Kans Koalisi

Sabtu, 13 November 2021 | 16:22 WIB
header img
Olly Dondokambey-Steven Kandouw, dua kader PDIP yang bakal mewarnai Pilgub 2024 Sulut mendatang. (Foto: Istimewa)

MANADO, iNews.id – Tensi Pilgub Sulut 2024 mulai terasa. Pertaruhan mendongkel superioritas PDIP lewat Olly Dondokambey di Takhta Gubernur Sulawesi Utara, kian terlihat. Bergabungnya Elly Lasut ke Partai Demokrat, menjadi ancaman tersendiri bagi partai belambang banteng moncong putih itu.

BACA JUGA: Siswa SMA Tewas Ditabrak Dinihari di Bolsel, Diduga Ada Unsur Kesengajaan Lantaran Dendam

Betapa tidak, secara hitung-hitungan, ketika Elly Lasut bergabung ke Partai Demokrat, tentunya publik Sulut sudah tahu keberadaan anak Elly, Hillary Lasut di partai Nasional Demokrat (NasDem). Pun, jika memang Elly Lasut turun bertanding di 2024, kemungkinan besar Demokrat bisa bersanding dengan NasDem. Belum lagi, adanya potensi bergabungnya Partai Golkar bersama Demokrat dan NasDem. Elly Lasut kita ketahui bersama merupakan politisi yang mengawali karir politik lewat partai berlambang beringin itu. Hingga kini, hubungan Elly dan pengurus Golkar Sulut dan di pusat, terinformasi sangat harmonis.

Jika head to head Elly Lasut dengan kandidat PDIP, potensi Elly Lasut menang sangat besar. Jaminan PDIP menguasai hampir seluruh kabupaten/kota di Sulut belum teruji, apalagi pada 2024 mendatang akan ada pertarungan Pilpres. Fokus partai akan terbagi dalam hajatan Pemilu di 2024. Pun, kesiapan amunisi tentu akan berbeda dengan yang dikeluarkan pada 2020 lalu.

Sementara, jika terjadi tiga pasang calon di Pilgub 2024, PDIP sangat diuntungkan seperti pelaksanaan Pilgub 2020 lalu. Alasannya, suara PDIP akan terjaga, dan dua pasang calon akan saling berebut suara. Tentu dengan tiga pasang calon ini, amunisi politik PDIP kemungkinan besar tidak akan banyak dikeluarkan alias lebih menghemat.  


Felly Runtuwene. (Foto: Istimewa)

Lalu apakah NasDem dan Golkar akan legowo mendukung Elly Lasut di Pilgub 2024? Secara analisis, diketahui pada 2024 mendatang NasDem akan habis-habisan bertarung di Pilbup Minsel dengan bakal majunya Felly Runtuwene sebagai calon bupati. Kabar diperoleh, niat majunya Felly sudah tersirat sejak 2020 lalu. Sementara Golkar, dengan dikomandani Tetty Paruntu tentu akan disibukkan dengan membackup sang anak, Adrian Jopie Paruntu, untuk eksis di dunia politik. Bisa dimajukan lagi sebagai calon anggota DPR, atau bisa juga dipasangkan dengan Felly Runtuwene apabila dalam keadaan mendesak. Dalam analisis ini, setidaknya NasDem maupun Golkar tidak terlalu memersoalkan posisi gubernur karena ada fokus lain yang harus dikerjakan.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut