get app
inews
Aa Read Next : Elly Lasut Undang Rita Tamuntuan Daftar Cagub-Cawagub di Partai Demokrat

Pemilu 2024 Sulut: Rangkul Lawan dan Makelar Jabatan

Rabu, 03 November 2021 | 14:40 WIB
header img
Ilustrasi. (Istimewa)

MANADO, iNews.id – Hingar-bingar Pemilu 2024 Sulut, mulai terasa saat ini. Sejumlah partai politik mulai menyiapkan strategi pemenangan. Baik untuk kepala daerah maupun untuk legislatif dan pemilihan presiden.

BACA JUGA: Ini Selebgram Manado Paling Diburu Pria, Berani Tampil Seksi

Di Sulut, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menguasai Manado, Minut, Bitung, Minahasa, Mitra, Minsel, Bolsel, Sitaro. Sisanya, Talaud, Sangihe, Bolmut, Boltim, Kotamobagu dan Bolmong dibagi dikuasai partai lain.

Dimulai dari pemilihan kepala daerah. Manuver politik merangkul lawan politik telah terlihat pada sejumlah daerah jelang Pemilu 2024 Sulut. Tokoh-tokoh berpengaruh diberi jabatan walaupun berlawanan saat Pilkada 2020 lalu. Bahkan, cara tersebut hingga ke tingkat desa. Penguasaan secara sistematis dilakukan para pengurus partai. Tentu dengan menjadikan PNS sebagai ujung tombak saat ini.

Tak heran, banyak kader partai pemenang yang tak kebagian kursi, karena strategi partai untuk tetap memertahankan takhta pada Pemilu 2024 Sulut nanti. Sebab, tahapan Pemilu yang kian dekat, tentu tidak cukup waktu bagi petahana untuk memerlambat strategi dan tentunya menekan cost politic di 2024. Ini sangat beralasan, karena cost politic yang dikeluarkan pada 2020 lalu, sejatinya disinyalir banyak sumbangan sponsor. Pengetatan anggaran akibat pandemi COVID-19, tentu membuat para petahana putar otak dalam ‘membalas budi’ terkait cost politic.

Indikasinya, bisa ditebak, akan ada kebijakan yang nyaris dikritik publik karena pemenuhan janji kampanye yang tak menjadi nyata. Selanjutnya banyaknya kader partai yang kecewa karena tak kebagian kursi menjadi persoalan serius yang jangan dianggap sepele. Akar rumput militan merupakan roh dari eksistensi sebuah partai. Sisi pragmatis memang masih jadi isu utama dalam setiap pelaksanaan Pemilu 2024 Sulut. Ini jadi celah bagi petahana untuk memanfaatkan money politic. Celah lain tentu dengan memanfaatkan organisasi keagamaan, organisasi mahasiswa dan organisasi kemasyarakatan jadi ujung tombak mendulang suara. Dalam mencari kemenangan dalam politik, pasti semua cara akan dilakukan.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut