get app
inews
Aa Read Next : Gunakan Perahu, 184 Muslim Rohingya dari Myanmar dan Bangladesh Tiba di Aceh

Daftar Negara Termiskin di Asia, Nomor 10 dari Asean

Kamis, 21 Juli 2022 | 10:39 WIB
header img
Negara termiskin di Asia. Foto/MNC Media

MANADO, iNewsManado.com - Negara termiskin di Asia ternyata terdata oleh IMF atau Bank Dunia.

Bahkan negara termiskin di Asia ini telah jadi pembahasan PBB. 

Penyebab negara jadi miskin karena Ketidakmampuan keluar dari krisis ekonomi menyebabkan negara ini menjadi miskin.

Tentunya, ada beberapa faktor lainnya yang menyebabkan negara ini menjadi miskin. Mulai dari konflik berkepanjangan, hingga utang yang menumpuk.

Bank dunia sendiri menyatakan mereka menjadi negara termiskin Asia lantaran pendapatan per kapita yang minim. 

 

1. Afghanistan 

Negara termiskin di Asia yang pertama yaitu Afganistan. Negara ini begitu miskin lantaran pendapatan perkapitanya hanya USD508,80.

Negara yang terletak di bagian selatan-tengah ini menjadi miskin karena perang saudara yang tak kunjung usai. Sekalipun Amerika Serikat sempat memberikan pengaruhnya, namun upaya itu tak membantu negara ini keluar dari kemiskinan. 

Bahkan misi Bantuan Perserikatan Bangsa-Bangsa di Afganistan (The United Nations Assistance Mission in Afghanistan) melaporkan 1.659 warga sipil tewas dan 3.524 lainnya terluka dalam enam bulan pertama tahun 2021. Jumlah ini meningkat 47 % dari tahun sebelumnya. 

Menurut Bank Dunia, sebagian besar penduduk Afganistan diperkirakan akan berada di bawah garis kemiskinan. Diperkirakan, 10 juta warga Afghanistan terancam hidup dengan pendapatan sebesar USD0,94 per hari. 

 

2. Korea Utara 

Dikenal sebagai negara dengan kemampuan militer kuat dan kerap memamerkannya melalui parade. Rupanya, Korea Utara masuk dalam jajaran negara miskin di Asia.

Kondisi demikian berbanding jauh dengan saudara mereka, Korea Utara yang jauh lebih maju dalam berbagai bidang, mulai dari infrastruktur, ekonomi, hingga pariwisatanya. 

Menurut Council on Foreign Relations (CFR), Korea Utara dipimpin oleh salah satu kediktatoran dinasti terlama di dunia. Tiga generasi keluarga Kim telah memerintah dengan otoritas mutlak. 

Pemerintah Korea Utara didefinisikan sebagai "kediktatoran demokrasi rakyat" di bawah kepemimpinan Partai Buruh Korea (Workers' Party of Korea/WPK) yang memiliki supremasi hukum atas partai politik lainnya. IMF sendiri mencatat pendapatan per kapita Korea Utara pada tahun 2020 hanya terestimasi USD642.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut