get app
inews
Aa Read Next : Daftar Negara Termiskin di Asia, Nomor 10 dari Asean

Gunakan Perahu, 184 Muslim Rohingya dari Myanmar dan Bangladesh Tiba di Aceh

Selasa, 28 Maret 2023 | 09:27 WIB
header img
Sebanyak 184 muslim Rohingya tiba di Aceh, Senin (27/3/2023). Tampak Pengungsi Rohingya yang ditahan di Bangladesh. Foto/EPA/Istimewa

ACEH, iNewsManado.com - Sekira 184 warga muslim Rohingya tiba di Aceh, Senin (27/3/2023) dinihari sekira pukul 03:30 WIB. Diketahui, muslim Rohingya mencari perlindungan dibeberapa negara ASEAN akibat diskriminasi di Myanmar

Muslim Rohingya nekat melarikan diri menggunakan perahu untuk tiba di negara Indonesia demi keselamatan mereka. 

Komunitas Nelayan Lokal Aceh, Miftah Cut Ade mengatakan dari 184 muslim Rohingya tersebut, terdapat 90 perempuan dan anak-anak termasuk di antara para migran. 

Dilansir REUTERS, Selasa (28/3/2023), banyak warga Rohingya yang telah bertahun-tahun mencoba menggunakan perahu kayu reyot untuk mencapai negara tetangga Thailand dan Bangladesh, serta Malaysia dan Indonesia yang berpenduduk mayoritas Muslim, terutama antara bulan November dan April saat laut tenang. Tak terhitung berapa banyak dari mereka yang meninggal di laut karena penyakit, kelaparan dan kelelahan.

Sejak November tahun lalu, Indonesia telah mencatat 918 orang Rohingya yang telah mencapai Aceh, wilayah paling barat Indonesia, menurut kementerian luar negeri, setelah melakukan perjalanan ke selatan melalui Teluk Benggala dan Laut Andaman. Jumlah tersebut dibandingkan dengan 180 orang sepanjang tahun 2021.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut