get app
inews
Aa Read Next : Total Pendaftar CPNS 2024 di Bolmong Raya Membeludak, Ini Datanya

Awas! Gunung Karangetang, Gunung Soputan dan Gunung Lokon Status Waspada

Minggu, 03 Juli 2022 | 00:24 WIB
header img
Gunung Lokon. (Foto: Istimewa)

MANADO, iNews.id - Tiga gunung api di Sulawesi Utara, yakni, Gunung Soputan, Gunung Lokon dan Gunung Karangetang masuk status waspada, Sabtu (2/7/2022). 

Data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menyebutkan delapan gunung api aktif di Sulawesi Utara (Sulut), tiga di antaranya berstatus waspada atau level II.

Koordinator Gunung Api PVMBG, Oktory Prambada mengatakan, tiga gunung api tersebut, yaitu Gunung Karangetang  di Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Kemudian, kata dia Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara dan Gunung Lokon di Kota Tomohon.

Sedangkan, empat gunung api lainnya, lanjut dia berstatus normal level I, yaitu Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Gunung Tangkoko di Kota Bitung, Gunung Mahawu di Kota Tomohon dan Gunung Ambang  di Kota Kotamobagu.

"Gunung Ruang baru saja diturunkan statusnya menjadi normal setelah dinaikkan ke waspada beberapa waktu lalu," ujar Oktory Prambada dikonfirmasi dari Manado, Sabtu (2/7/2022).

Dia berharap, warga mewaspadai aktivitas vulkanik Gunung Awu di Kabupaten Kepulauan Sangihe yang saat ini dalam status siaga level III.

Menurutnya, tercatat sebanyak satu kali gempa vulkanik dangkal dengan amplitudo tiga milimeter, dan lama gempa lima detik.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut