get app
inews
Aa Read Next : Sering Kesemutan di Tangan dan Kaki, Waspada Gejala Neuropati

Tanda Awas! Ini Penyebab Tangan Sering Kesemutan

Kamis, 23 Juni 2022 | 07:23 WIB
header img
Ilustrasi tangan kesemutan. (Istimewa)

10. Penggunaan Obat-obatan Tertentu

Gangguan dan kerusakan pada saraf (neuropati) dapat terjadi akibat efek samping obat-obatan. Antibiotik, obat kemoterapi, obat HIV, dan obat tekanan darah tinggi dapat menyebabkan timbulnya gejala tangan kesemutan.

 

11. Posisi Tidur yang Salah

Posisi tidur dengan menekan tangan bisa mengganggu aliran darah ke tangan Anda. Jika dilakukan dalam waktu lama, posisi ini dapat membuat tangan Anda jadi kesemutan.

 

12. Gerakan Berulang

Tanpa disadari, melakukan gerakan berulang terkait pekerjaan dapat membuat tangan menjadi kesemutan, misalnya mengetik, memotong, menulis, dll. Selain itu, olahraga seperti tenis pun bisa menyebabkan kesemutan. Jadi, pastikan Anda melakukan peregangan dan mengistirahatkan tangan untuk menghindari hal ini.

 

13. Merokok

Merokok dapat memengaruhi kelancaran sirkulasi darah dan meningkatkan risiko terjadinya gangguan pembuluh darah ekstremitas dan neuropati perifer. Neuropati perifer terkadang dapat dimulai secara perlahan hanya dengan gejala mati rasa di kaki. Tangan yang sering kesemutan dapat disebabkan oleh kondisi-kondisi di atas. Jadi mulai sekarang, Anda sebaiknya tidak menganggap sepele keluhan ini. Untuk mencari tahu penyebab pasti kesemutan di tangan Anda, jangan ragu untuk memeriksakan keadaan Anda ke dokter. 

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut