get app
inews
Aa
Read Next : Sering Kesemutan di Tangan dan Kaki, Waspada Gejala Neuropati

Tanda Awas! Ini Penyebab Tangan Sering Kesemutan

Kamis, 23 Juni 2022 | 07:23 WIB
header img
Ilustrasi tangan kesemutan. (Istimewa)

5. Stroke

Tangan kesemutan bisa jadi tanda awal dari penyakit serius, salah satunya stroke. Namun pada stroke, gejala kesemutan ini tidak timbul sendiri. Ada beberapa gejala lain yang menyertai, seperti kelemahan pada satu sisi badan, sulit bicara, nyeri kepala, bingung, atau kurang keseimbangan.

 

6. Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun yang mencetuskan peradangan pada sendi. Jika peradangan sendi menyebabkan gangguan saraf di sekitarnya, bisa saja gejala saraf ikut terjadi. 

 

7. Tumor

Tumor yang tumbuh di tangan dapat menekan saraf dan pembuluh darah di sekitarnya. Inilah yang kemudian mengakibatkan tangan sering kesemutan. Salah satu tumor yang sering muncul di tangan adalah tumor ganglion. Ini merupakan jenis tumor jinak yang berisi cairan dan dapat terbentuk pada tendon maupun sendi tangan.

 

8. Epikondilitis

Epikondilitis adalah peradangan yang terjadi pada jaringan yang menghubungkan lengan dan siku. Penyakit ini dipicu akibat gerakan berulang, seperti mengayuh raket tenis atau golf, yang dapat mencetuskan kerusakan pada tendon. Selain kesemutan, gejala lainnya yang dirasakan adalah nyeri, perasaan seperti terbakar pada siku, tangan menjadi lemah, dan pembengkakan.

 

9. Pecandu Alkohol

Mengonsumsi alkohol secara berlebih juga dapat menjadi penyebab tangan sering kesemutan. Ini karena alkohol tidak hanya dapat merusak hati, tapi juga memengaruhi saraf dan organ lain di tubuh Anda.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut