get app
inews
Aa
Read Next : Sering Kesemutan di Tangan dan Kaki, Waspada Gejala Neuropati

Tanda Awas! Ini Penyebab Tangan Sering Kesemutan

Kamis, 23 Juni 2022 | 07:23 WIB
header img
Ilustrasi tangan kesemutan. (Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Sering merasa kesemutan pada tangan? Oleh sebagian orang mungkin ini hanya persoalan biasa yang sering terjadi.

Namun, perlu diperhatikan bahwa tanda kesemutan pada tangan bisa dipicu beberapa faktor yang berhubungan dengan kondisi kesehatan tubuh. 

Dalam dunia medis, tangan yang sering kesemutan disebut dengan parestesia jari. Kondisi ini didasari oleh gangguan saraf atau pembuluh darah di bagian tubuh tersebut. Beberapa hal berikut dapat menjadi penyebab tangan kesemutan:

 

1. Kekurangan Vitamin B12

Vitamin B12 memegang peranan penting dalam menjaga sistem saraf tubuh. Oleh karena itu, bila kekurangan zat gizi ini, tubuh akan mengalami gangguan.

 Salah satu gangguan yang bisa terjadi adalah tangan sering kesemutan. Maka dari itu, perbanyaklah konsumsi makanan yang kaya vitamin B12 guna mencegah dan mengatasi keluhan tangan kesemutan. 

 

2. Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Penyebab tangan kesemutan berikutnya adalah carpal tunnel syndrome (CTS) alias sindrom terowongan karpal. Ini merupakan kondisi yang disebabkan oleh terjepitnya saraf pergelangan tangan, akibat terlalu lama menggunakan tangan dalam satu posisi yang sama. CTS dapat terjadi di tangan kanan, kiri, maupun keduanya. Penyakit ini bisa membuat jari tangan mengalami kesemutan, nyeri, maupun mati rasa atau kebas. 

 

3. Diabetes

Kesemutan yang terlalu sering pada tangan dapat menjadi tanda penyakit diabetes. Kondisi ini terjadi akibat kadar gula darah yang tidak terkontrol. Selain tangan sering kesemutan, penderita juga biasanya akan mengalami gejala lain seperti kram dan kebas.

 

4. Gangguan Tiroid

Gangguan tiroid alias hipotiroidisme merupakan kondisi yang membuat kelenjar tiroid tidak mampu menghasilkan hormon dalam jumlah cukup. Hal ini bisa menjadi alasan kenapa tangan sering kesemutan. Selain kesemutan pada tangan, gangguan ini bisa memicu kelelahan, peningkatan berat badan, kulit kering, dan rambut rontok.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut