Logo Network
Network

Cek Fakta: Ini Penyebab Indomaret dan Alfamart Selalu Berdekatan

Inas Rifqia Lainufar
.
Kamis, 23 Juni 2022 | 08:17 WIB
Cek Fakta: Ini Penyebab Indomaret dan Alfamart Selalu Berdekatan
Indomaret dan Alfamart. (F: Kolase/Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Keberadaan Indomaret dan Alfamart terus menjamur di Indonesia. Menariknya kedua ritail tersebut selalu dibangun berdekatan di seluruh wilayah di Indonesia. 

Sejumlah kalangan pun bertanya-tanya kenapa Indomaret dan Alfamart selalu dibangun berdekatan. 

Tak jauh dari lokasi Anda menemukan Indomaret, Alfamart pasti akan Anda jumpai dan begitupun sebaliknya. 

Sebagian besar akan menganggap hal tersebut justru dapat merugikan salah satu bisnis ritel.  Pasalnya, konsumen yang sudah berbelanja di Indomaret diyakini tidak akan pergi ke Alfamart dan sebaliknya. 

Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa Indomaret dan Alfamart sama-sama menjual produk yang sama. Harga barang di kedua bisnis ritel tersebut bahkan terbilang hampir mirip.

 

Alasan penyebab Indomaret dan Alfamart selalu berdekatan

Indomaret dan Alfamart merupakan bisnis ritel di Indonesia yang didirikan di waktu yang berdekatan, yakni pada tahun 1988 dan 1989. Kedua bisnis ritel ini memang sengaja memilih lokasi yang berdekatan untuk gerainya sebagai salah satu strategi marketing.

Dengan lokasi yang berdekatan, maka kedua bisnis ritel tersebut akan memperoleh demand pasar yang lebih besar.

Hal ini didasarkan pada Teori Hotelling dimana dua industri yang bersaing, baik dari segi lokasi maupun harga produknya dapat memaksimalkan laba pasar.  Kedua industri atau bisnis pun dapat menghasilkan persentase keuntungan 50:50.

“Jadi, persaingan itu justru membentuk dan meningkatkan permintaan, menguatkan pasar. Kalau dia main sendiri, pasarnya itu gak besar-besar. Market akan besar jika dinamis, bagusnya persaingan itu membawa konsumen untuk beli, kalau monopoli justru mematikan demand," ungkap Yuswohady, Pakar Marketing dan Managing Partner Inventure, dikutip dari Okezone.com (11/6/2022).

Follow Berita iNews Manado di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini