get app
inews
Aa Read Next : Bunda, Ini Cara Mengatasi Batuk Berdahak pada Bayi

Terungkap! Ini Penelitian Resiko Terserang Covid-19 pada Ibu Hamil dan Bayi

Sabtu, 04 Juni 2022 | 15:44 WIB
header img
Vaksinasi ibu hamil. (F: Reuters)

"Masih ada efek perlindungan dari antibodi setelah empat bulan pertama, tetapi kemungkinan ada perbedaan individu," kata Dr. Ellen Oen Carlsen dari Institut Kesehatan Masyarakat Norwegia. Bayi mendapatkan jenis antibodi lain dari ASI, katanya, dan temuan tersebut sebagian dapat disebabkan oleh antibodi yang diperoleh dari menyusui, atau karena ibu yang divaksinasi lebih kecil kemungkinannya untuk mendapatkan COVID-19 dan menginfeksi bayi mereka.

Bayi dari wanita yang menerima suntikan booster selama kehamilan memiliki risiko COVID-19 yang bahkan lebih rendah daripada wanita yang hanya menerima rejimen dua suntikan asli. "Ini bisa berarti bahwa wanita yang divaksinasi sebelum kehamilan dengan dua dosis harus mempertimbangkan untuk menerima dosis booster selama bagian terakhir kehamilan," kata Carlsen.

Risiko mengembangkan COVID yang lama setelah terinfeksi virus corona lebih rendah untuk orang yang divaksinasi daripada yang tidak divaksinasi, tetapi tidak banyak, menurut sebuah penelitian besar dari Departemen Urusan Veteran AS.

Para peneliti membandingkan hasil di antara hampir 34.000 orang yang mengalami terobosan infeksi SARS-CoV-2 setelah menerima vaksin dari Johnson & Johnson (JNJ.N), Pfizer (PFE.N)/BioNTech (22UAy.DE) atau Moderna (MRNA.O) , dan lebih dari 113.000 orang yang tidak divaksinasi yang terinfeksi. Penelitian, yang dilakukan ketika varian Delta dominan dan diterbitkan di Nature Medicine, menemukan vaksinasi mengurangi kemungkinan COVID lama setelah infeksi hanya sekitar 15%. Tidak ada perbedaan jenis atau tingkat keparahan gejala COVID yang lama antara pasien yang divaksinasi dan yang tidak divaksinasi.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut