get app
inews
Aa Read Next : Terungkap, Bayi Tewas Dianiaya Ibu Kandung di Minahasa Utara Diduga gegara Tak Mau Makan

Bunda, Ini Cara Mengatasi Batuk Berdahak pada Bayi

Jum'at, 01 September 2023 | 11:49 WIB
header img
Cara mengatasi batuk berdahak pada bayi. Foto/Istimewa

MANADO, iNewsManado.com - Cara mengatasi Batuk berdahak pada bayi wajib diketahui para orangtua. 

Meski tidak perlu khawatir berlebihan saat bayi mengalami batuk berdahak, Anda tetap harus waspada jika dahak mulai berubah warna menjadi hijau, kuning, atau kecokelatan disertai bau. 

Infeksi virus dan bakteri merupakan penyebab utama batuk berdahak yang sering dialami oleh bayi. Beberapa contoh penyakit infeksi yang dapat menyerang saluran pernapasan bayi adalah batuk rejan, batuk croup, bronkiolitis, dan pneumonia.

Batuk berdahak pada bayi bisa juga disebabkan oleh beberapa kondisi, seperti asma, alergi, iritasi saluran napas, naiknya asam lambung, paparan polusi seperti asap rokok, atau akibat menelan benda tertentu.

Perlu diingat, dahak atau lendir akan terkumpul di tenggorokan bayi jika dibiarkan. Hal ini bisa mengganggu pernapasannya.

Berikut cara mengatasi batuk berdahak pada bayi dirangkum Jumat (1/9/2023). 

 

1. Perbanyak ASI

Cara mengatasi batuk berdahak pada bayi yaitu bisa dilakukan dengan memerbanyak asupan ASI. Langkah ini bertujuan untuk mengencerkan dan mengeluarkan dahak, serta untuk membantu tubuh bayi melawan infeksi penyebab batuk berdahak.

 

2. Istirahat Cukup

Bayi harus memiliki waktu istirahat yang cukup agar bisa meredam dahak. Selain itu, istirahat akan membuat tubuh bayi kuat melawan infeksi yang sebabkan batuk berdahak. 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut