get app
inews
Aa Read Next : Invasi Rusia ke Ukraina Ganggu Bisnis, Alibaba Pecat 40% Staf AliExpress Rusia

Miris! 2,5 Juta Rakyat Ukraina Kabur Akibat Invasi Rusia

Sabtu, 12 Maret 2022 | 19:00 WIB
header img
Para pengungsi Ukraina. (Foto: Reuters)

JENEWA, iNews.id – Sekira 2,5 juta warga Ukraina melarikan diri dari negaranya pascainvasi Rusia pada Februari 2022 lalu.

PBB mengatakan lebih dari 2,5 juta orang telah meninggalkan Ukraina dan 2 juta lainnya telah diusir dari rumah mereka di negara itu sejak dimulainya invasi Rusia pada 24 Februari.

PBB telah merencanakan kebutuhan kemanusiaan dengan asumsi bahwa sekitar 4 juta pengungsi Ukraina akan mencari keselamatan di luar negeri.

Namun, dengan sekitar 200.000 orang telah melarikan diri ke negara-negara tetangga selama 24 jam terakhir, seorang pejabat urusan pengungsi PBB mengatakan mereka mungkin harus merevisi angka itu lebih tinggi.

"Sangat mungkin bahwa angka perencanaan 4 juta akan direvisi. Itu tidak akan mengejutkan," Matthew Saltmarsh, juru bicara badan pengungsi PBB (UNHCR) di dekat perbatasan di Polandia mengatakan kepada wartawan Jenewa melalui tautan video seperti dikutip dari Al Araby, Sabtu (12/3/2022).

Ia mengatakan badan-badan kemanusiaan berebut untuk menyediakan fasilitas pemanas bagi ribuan pengungsi yang menunggu dalam suhu beku di perlintasan perbatasan.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut