get app
inews
Aa Read Next : Float Besar Bunga dan Celengan Ayam milik Bank Indonesia jadi Jawara di TIFF 2024

KPw BI Sulut Apresiasi Panen Cabai Keriting Petani Binaan Pemkab Minahasa

Senin, 20 Mei 2024 | 21:43 WIB
header img
KPw BI Sulut panen cabai keriting bersama poktan binaan Pemkab Minahasa (Foto: Istimewa)

MINAHASA, iNewsManado.id - Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengapresiasi kegiatan panen cabai keriting oleh petani binaan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa di Desa Tonsea Lama, Kecamatan Tondano Utara, Kabupaten Minahasa, Senin (20/5/2024).

Panen dilakukan di lahan yang diolah oleh Kelompok Tani (Poktan) Friends Farming yang berada di Desa Tonsea Lama, Kecamatan Tondano Utara, Kabupaten Minahasa.

Poktan ini merupakan binaan Pemkab Minahasa, dan dalam pengelolaannya telah menggunakan Dana Desa sesuai dengan kebijakan nasional. Sebanyak 20 persen Dana Desa memang bisa digunakan untuk penanganan inflasi di daerah.

Penjabat (Pj) Bupati Minahasa Jemmy Kumendong mengatakan komoditas yang paling sering menjadi penyebab terjadinya inflasi di Sulut adalah beras, bawang, daging babi dan cabai, termasuk cabai rawit, hal itu berarti kebutuhan masyarakat akan komoditas tersebut sangat besar dan perlu penanganan.

Dengan panen seperti ini Kumendong diharapkan sedikit banyak berpengaruh di pasar. Harga menjadi normal dan inflasi terkendali.

"Diharapkan juga hal ini jadi pemicu bagi petani lain untuk menanam cabai keriting supaya pertama dari sisi pemerintah adalah ketersediaan pasokan, kedua dari sisi petani dapat meningkatkan kesejahteraan,” ujar Kumendong.

Editor : Subhan Sabu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut