get app
inews
Aa Read Next : Kekuatan Militer Indonesia Memerihatinkan, Mahfud MD Beber Kelemahan

Militer Terkuat di ASEAN, Ini Spesifikasi Armada Perang Indonesia Jika Terjadi Perang

Minggu, 27 Februari 2022 | 13:33 WIB
header img
Salah satu pesawat tempur Indonesia. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Perang Rusia Ukraina seakan warning bagi Indonesia bahwa perang bisa kapan saja terjadi. Kekuatan militer pun jadi penentu kekuatan sebuah negara. Langkah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto membeli sejumlah alutsista dari sejumlah negara di eropa, dianggap sebagai Langkah tepat pasca perang Rusia Ukraina. Meski, sebelumnya Langkah Prabowo Subianto dicibir pada awalnya.

Mengutip Situs pemeringkat militer dunia Global Fire Power (GFP) merilis kekuatan militer 140 negara di dunia pada 2022.

Hasilnya, kekuatan militer Indonesia berada di urutan 15 dunia. Skor indeks kekuatan atau power index yang dimiliki Indonesia sebesar 0,2551 poin. Adapun skor sempurna dari indeks ini adalah 0,00.

"Untuk 2022, Indonesia berada di peringkat 15 dari 140 negara yang dipertimbangkan untuk tinjauan GFP tahunan," tulis GFP dikutip SINDOnews.

Posisi Indonesia meningkat satu peringkat ketimbang periode sebelumnya yang mendapat skor 0,2684. Dengan hasil ini, Indonesia menempati urutan pertama di tingkat kawasan ASEAN.

Sedangkan di urutan kedua ASEAN atau peringkat 28 dunia terdapat Vietnam dengan nilai 0,4521 dan Thailand di posisi ketiga di ASEAN dan peringkat 29 dunia dengan skor 0,4581. Peringkat Indonesia ini mengungguli sejumlah negara-negara maju. Di antaranya, Jerman di posisi 16, Australia peringkat 17, serta Israel peringkat 18.

 

Berdasarkan data GFP, ini kekuatan militer Indonesia:

 

UDARA

Pesawat Tempur 41 unit

Dedicated Attack 23 unit

Transportasi 66 unit

Trainners 126 unit

Pesawat misi Khusus 17 unit

Pesawat Tanker 1 unit

Helikopter 172 unit

Helikopter Serang 15

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut