get app
inews
Aa Read Next : ADA APA HARI INI: 11 April 2012 Gempa Bumi M8.6 Landa Aceh, 5 Warga Tewas

ADA APA HARI INI: 1.000 warga Muslim di India Dibunuh Akibat Insiden Kota Godhra

Minggu, 27 Februari 2022 | 13:14 WIB
header img
Pembakaran gerbong kereta api jadi pemicu pembantaian ribuan warga Muslim di India pada 2002. (Foto: Istimewa)

ADA APA HARI INI Membahas tragedi pembantaian sekira 1.000 warga Muslim di India pada 27 Februari 2002. Tragedi ini menyisahkan luka trauma bagi para keluarga korban.

Dikutip berbagai sumber, insiden dimulai saat sebuah gerbong kereta api Express Sabarmati dibakar oleh gerombolan, dekat kota Godhra, Gujarat. 59 orang, banyak diantaranya perempuan dan anak-anak, tewas.

Kebanyakan dari mereka adalah anggota kelompok Hindu fanatik yang dalam perjalanan pulang dari Ayodhya, dimana nasionalis Hindu 10 tahun sebelumnya menghancurkan mesjid Babri yang berusia satu abad. Negara bagian Gujarat membara. Sekitar 1000 orang, kebanyakan muslim, dibunuh secara keji. Setelah beberapa hari, dan militer dikerahkan, pembantaian berakhir.

Menurut psikolog Aruna Bruta, upaya untuk pulih dari trauma terganjal antara lain oleh fakta setelah bentrokan terjadi, mereka yang bertanggungjawab tak kunjung dihadapkan ke pengadilan. Depresi, takut terus menerus, susah tidur dan keluhan fisik yang tak bisa diterangkan adalah akibat yang harus dihadapi korban selamat. Jumlah kasus bunuh diri di kawasan Gujarat melonjak, beberapa bulan setelah bentrokan.

 

Berikut peristiwa yang terjadi pada 27 Februari dirangkum ADA APA HARI INI dari berbagai sumber:

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut