get app
inews
Aa Read Next : Awas! Ini 5 Kue Berbahaya bagi Penderita Kolesterol Tinggi

Ini Tips Mengatasi Kolesterol Tinggi di Area tak Terduga

Sabtu, 26 Februari 2022 | 15:52 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Express)

JAKARTA, iNews.id – Terjadinya kolesterol tinggi di area tak terduga, tentu membuat seseorang terganggu. Menurut Cleveland Clinic, kolesterol bisa muncul di siku, tendon achilles, dan mata yang mana kondisi ini menandakan kadar kolesterol sangat tinggi.

“Jika kadar kolesterol Anda sangat tinggi, gejala fisiknya berbeda. Kita mungkin melihat timbunan kolesterol di area tertentu yang tidak terduga, seperti siku atau tendon achilles," kata ahli jantung, Dr Luke Laffin dilansir dari Express, Selasa (22/2/2022).

"Khususnya pada orang yang lebih muda, Anda mungkin melihat penumpukan kolesterol atau deposit di mata jika kadarnya tinggi," sambungnya. Lesi pada kulit yang mengandung kolesterol dan lemak disebut juga xanthomas.

Mereka dapat muncul sebagai benjolan yang tampak seperti lilin, kekuningan atau benjolan di sekitar siku, lutut, dan jari.

Family Heart Foundation menjelaskan bahwa xanthomas terbentuk ketika ada timbunan kolesterol berlebih pada tendon di bawah kulit. Tendon Achilles yang bengkak atau nyeri juga dikenal sebagai tendon xanthomas.

Terlalu banyak kolesterol di tendon dapat membuatnya membesar dan memicu rasa sakit saat Anda memakai sepatu. Sementara gejala kolesterol di mata dapat muncul sebagai area kekuningan bergelombang di sudut dalam mata, di sekitar mata atau di kelopak mata.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut