get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah Secara Alami Tanpa Ribet, No 3 Jarang Diketahui

Mengecilkan Pori-Pori Wajah dengan Cara Alami, Yuk Ikuti Ulasannya

Sabtu, 26 Februari 2022 | 14:57 WIB
header img
Mengecilkan pori-pori wajah dengan cara alami. (Foto ilustrasi: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Mengecilkan pori-pori wajah dengan cara alami menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan kaum wanita, sebab dengan cara yang alami biasanya dapat lebih menghemat pengeluaran. Selain itu, bahan-bahan alami relatif mudah didapatkan di sekitar kita.

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat pori-pori mengecil. Mulai dari makan makanan bergizi sampai rutin menggunakan skincare.

Untuk menggunakan bahan-bahan alami sebagai perawatan wajah tentunya memerlukan waktu yang cukup lama agar hasilnya kelihatan. Meskipun begitu, bahan alami minim risiko merusak wajah.

Lantas, bagaimana mengecilkan pori-pori wajah dengan cara alami? Berikut ulasannya.

Es batu

Menggunakan es batu untuk mengecilkan pori-pori di wajah menjadi salah satu cara yang paling dikenal oleh banyak orang. Caranya adalah balut es batu dengan tisu atau kain bersih lalu tempelkan ke kulit wajah anda.

Madu

Madu dikenal memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia. Termasuk kulit wajah. Kandungan antioksidan yang ada di dalam madu disinyalir mampu mengecilkan pori-pori wajah. Cara menggunakannya adalah dengan menjadikan madu alami sebagai masker wajah.

Jeruk nipis

Kandungan vitamin C yang ada di dalam jeruk nipis dapat membantu mencerahkan kulit anda. Selain itu juga dapat digunakan untuk mengecilkan pori di wajah. Caranya adalah peras sari jeruk lalu oleskan tipis-tipis ke wajah sebagai masker. Bagi anda yang memiliki kulit sensitif sebaginya gunakan di area yang tidak terlihat dulu untuk melakukan tes iritasi.

Campuran gula dan kopi

Butiran kopi dan gula akan menjadi scrub alami untuk wajah. Scrub membantu untuk mengeksfoliasi kulit sehingga menghilangkan kotoran pada pori-pori. Cara menggunakannya adalah dengan mencampur gula pasir dan kopi lalu tambah sedikit air, aplikasikan ke wajah dan gosok secara perlahan.

Air rendaman beras

Menurut penelitian, rendaman air beras memiliki kandungan ferullic dan allotonin yang dapat mencerahkan wajah. Caranya adalah dengan mengoleskan air endapaan beras pada wajah lalu tunggu beberapa menit. Setelah itu bilas wajah anda hingga bersih.

Tomat

Tomat memiliki kandungan vitamin E yang berfungsi untuk menutrisi kulit. Selain itu, tomat juga dapat digunakan untuk alternatif mengecilkan pori-pori wajah. Caranya adalah menjadikan tomat sebagai masker wajah.

Alpukat

Buah yang satu ini juga kaya akan manfaat untuk kulit wajah. Salah satunya untuk mengecilkan pori-pori. Tak hanya itu, kandungan karotenoid antioksidan dan berbagai kandungan vitamin di dalamnya juga dapat mencegah penuaan dini. Anda dapat menggunakan alpukat sebagai masker wajah.

Kulit jeruk

Kulit jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tidak kalah banyak dari buahnya. Gunakan kulit jeruk sebagai masker wajah untuk mengecilkan pori-pori di wajah anda.

Sari pepaya

Enzim yang terdapat pada pepaya disinyalir bisa membantu untuk meregenerasi kulit wajah anda. Selain itu vitamin yang ada di dalam pepaya juga berfungsi sebagai agen pencerah dan membersihkan kotoran, sehingga pori-pori wajah anda akan terlihat mengecil.

Lemon

Buah yang satu ini kaya akan antioksidan dan juga vitamin C. Maka dari itu, lemon menjadi salah satu bahan alami yang dapat anda gunakan untuk mengecilkan pori.

Tidak hanya itu, kandungan alpha hidroksi yang ada di dalamnya berguna untuk menangkal radikal bebas. Anda dapat mengoleskan air perasan lemon pada wajah untuk dijadikan masker. Untuk kulit sensitif lebih baik melakukan tes iritasi terlebih dahulu.

Lidah buaya

Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah. Seperti mencerahkan, menyegarkan, melembabkan, dan juga dapat untuk mengecilkan pori-pori. Maka tidak heran jika banyak produk kecantikan menggunakan lidah buaya sebagai bahan dasarnya.

Strawberry

Mengecilkan pori-pori di wajah juga dapat anda lakukan dengan menggunakan buah strawberry. Kandungan ellagic di dalamnya dapat menghilangkan kotoran dan sel kulit mati.

Caranya adalah dengan menghaluskan strawberry lalu gunakan sebagai masker wajah. Anda juga dapat mencampurkannya dengan susu atau madu.

Putih telur

Kandungan protein dan mikronutrien pada putih telur dipercaya dapat membuat wajah anda kenyal dan mengecilkan pori-pori wajah. Anda dapat menggunakannya sebagai masker dengan campuran jeruk nipis atau lemon untuk menghindari bau amis.

Teh hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan mengangkat sel kulit mati. Sehingga pori-pori di wajah pun akan mengecil.

Cara menggunakannya adalah dengan merendam teh hijau selama beberapa menit lalu oleskan air rendaman pada wajah. Atau anda juga dapat menggunakan teh hijau bubuk yang dicampur dengan bahan lain sampai berbentuk pasta lalu jadikan masker wajah.

Makan makanan yang tinggi gizi

Selain merawat wajah dari luar, anda juga harus memperhatikan kesehatan wajah dari dalam. Mengonsumsi makanan yang bergizi tentunya akan membantu kulit anda menjadi lebih sehat.

Hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak karena akan menyumbat pori-pori pada wajah anda. Sebaiknya, konsumsi makanan dengan kolagen yang tinggi agar elastisitas kulit terjaga.

Konsumsi air putih sesuai kebutuhan

Konsumsi air putih sebanyak 2 liter per hari untuk menghindari dehidrasi sehingga kulit anda akan menjadi lembab dan menghilangkan racun. Dengan begitu, pori-pori di wajah akan terlihat mengecil.

Editor : Norman Octavianus

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut