get app
inews
Aa Read Next : Guncangan di PDIP Sulut: Keluarga Wakil Gubernur dan Walikota Ditahan Kasus Korupsi Besar

Kemenpora Buka Festival Olahraga Pendidikan dan Kejuaraan Antar Kampung Kota Bitung 2024

Jum'at, 19 Juli 2024 | 08:15 WIB
header img
Foto bersama tim Kemenpora dengan para peserta dan panitia FOP Tarkam di Bitung, Kamis (18/7/2024). Foto/Istimewa

BITUNG, iNewsManado.com - Festival Olahraga Pendidikan (FOP) dan Kejuaraan Antar Kampung (TARKAM) Kota Bitung Tahun 2024 resmi dibuka pada Kamis, 18 Juli 2024. Acara ini diresmikan oleh Staf Ahli Menpora Bidang Inovasi Kepemudaan dan Olahraga, Dr. Drs. Yohan Yatti, M.Si. 

Turut hadir dalam acara ini adalah Asisten Deputi Olahraga Pendidikan, Ferry Hadju, Kepala Bidang Olahraga Masyarakat, Yuslan, S.H., dan Tenaga Ahli Menpora, Prof. Tandio Rahayu, M.Pd. Selain itu, kehadiran Ikatan Guru Olahraga Nasional serta siswa-siswa dari tingkat SD, SMP, dan SMA menambah semarak acara tersebut.

Dr. Drs. Yohan Yatti, M.Si, menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam berolahraga, menjadikan masyarakat lebih sehat dan bugar, serta membudayakan olahraga.

 "Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan interaksi sosial antar warga, menghargai perbedaan pendapat, keyakinan, ras, suku, dan budaya, sehingga tercipta ketahanan sosial melalui persaudaraan, sportivitas, disiplin, dan karakter yang tangguh," ujarnya.

Lebih lanjut, beliau menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi dan bakat olahragawan dari tingkat desa/kelurahan untuk dipersiapkan menuju tingkat nasional dan internasional.

 "Kami juga ingin mengembangkan literasi fisik generasi penerus bangsa sekaligus menumbuhkan keterampilan kepemimpinan," tambahnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bitung, Anita Lomban, menyatakan bahwa sasaran dari kegiatan TARKAM adalah seluruh lapisan warga masyarakat Kota Bitung. 

"Sedangkan untuk Festival Olahraga Pendidikan, sasaran utamanya adalah peserta didik dari jenjang pendidikan SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA serta guru pendidikan jasmani dan olahraga," jelasnya.

Anita Lomban juga menekankan bahwa tujuan dari pelaksanaan TARKAM dan FOP adalah untuk menjadikan olahraga sebagai gaya hidup yang mengakar dari desa/kelurahan sekaligus mengembangkan konsep event olahraga berbasis industri olahraga dan pariwisata olahraga. 

"Dengan demikian, kegiatan ini dapat berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat serta menggali bibit potensial untuk dikembangkan lebih lanjut," ungkapnya.

Keberhasilan Kota Bitung menjadi tuan rumah FOP 2024 ini merupakan hasil dari program kerja Wali Kota Bitung yang bertema gotong royong dan malendong. Pelaksanaan FOP dimulai di tingkat kampung pada Kamis, 18 Juli 2024, di GOR Dua Saudara Manembo-Nembo Bitung, Sulawesi Utara. Pembukaan acara ini akan ditandai dengan Fun Run 5 KM di Jalan Sam Ratulangi Bitung depan Kantor Wali Kota pada Sabtu, 20 Juli 2024.

FOP merupakan bagian dari program pembudayaan olahraga. Berdasarkan keputusan Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga tentang Penetapan Tuan Rumah Pelaksana Festival Olahraga Pendidikan (FOP) Tahun 2024, Kemenpora menetapkan 30 Kabupaten/Kota sebagai tuan rumah FOP Tahun 2024.

 Penyelenggaraan FOP Tahun 2024 secara teknis dilaksanakan oleh Asisten Deputi Olahraga Pendidikan, selaku penanggung jawab program dan berpedoman pada ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut